TIPE SUPERVISI & PROSES SUPERVISI PENDIDIKAN PEMIMPIN DAN SUPERVISI EFEKTIF

  • Erniawati dan Feni Faiqotul Mufarrohah Universitas Qomaruddin Gresik

Abstract

Supervisi merupakan kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh seorang profesional untuk membantu guru dan tenaga pendidikanlainnya dalam memperbaiki bahan, metode dan evaluasi pengajaran dengan melakukan stimulasi, koordinasi dan bimbingan secara konsisten agar guru menjadi lebih profesional dalam meningkatkan pencapaian tujuan sekolah. Kegiatan supervisi pendidikan merupakan kegiatan yang sangat penting untuk diterapkan di lingkungan sekolah.

Supervisi pendidikan bertujuan untuk memberikan kemudahan agar siswa bisa menjalankan setiap program pendidikan yang seuai dengan standar yang ditetapkan, dengan memperhatikan tercapainya tujuan berdasarkan nilai-nilai agama islam. Tidak hanya itu supervisi juga bertujuan sebagi perbaikan dan perkembangan dalam proses belajar mengajar secara total. Maka dari itu tujuan supervisi ini sendiri tidak hanya memperbaiki mutu mengajar guru, tetapi juga membina pertumbuhan profesi guru dalam arti luas termasuk didalamnya ada fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang kelancaran dalam proses belajar mengajar berlangsung.

Supervisor merupakan orang yang melaksanakan supervisi. Supervisi tidak hanya mengawasi seorang guru dalam menjalankan tugasnya, melainkan harus berusaha mengetahui bagaimana cara memperbaiki proses dalam belajar mengajar. Supervisor berfungsi mengawasi dan mengelola tim maupun individu agar bekerja secara efektif dan sesuai dengan perannya.

Kata Kunci : Supervisi, Supervisor dan Pendidikan

Published
2022-12-30
Section
Articles