Systematic Review: Implementasi Mind mapping Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

  • Munawir munawir Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Putri Regina Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ananda Eka Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Riza Zulmi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Salsabila Laili Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya

Abstract

Materi sejarah yang bersifat normatif tanpa disertai strategi pembelajaran yang membangkitkan kehidupan pada pembelajaran SKI dapat sulit diterima oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki implementasi teknik mind map dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui sebuah tinjauan sistematis terhadap 11 artikel yang ditemukan melalui Google Scholar. Pemetaan pikiran dianggap sebagai metode yang mampu memfasilitasi pembelajaran yang aktif, kreatif, dan terorganisir dengan memvisualisasikan hubungan antar konsep, fakta, dan peristiwa sejarah. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya perangkat lunak mind map, diperkenalkan sebagai potensi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Metode inklusi dan ekslusi dengan menggunakan PICO digunakan dalam data seleksi, dengan artikel-artikel terpilih antara tahun 2019-2023. Proses identifikasi, ekstraksi data, dan sintesis artikel dilakukan untuk menyajikan gambaran komprehensif mengenai peran serta dampak penggunaan mind map dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hasilnya diharapkan memberikan wawasan mendalam kepada para pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan terkait potensi dan keterbatasan penerapan mind map dalam konteks pembelajaran sejarah kebudayaan Islam.

References

Ananda, R. (2019). "Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Basicedu, Volume 1(1), Halaman 1-8. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Tersedia di: https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Ananda, Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan. LPPI: Medan.

Aslan, A. (2018). Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah. Cross-

border, 1(1), 76-94.

Elviana, E. (2022). Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa. https://joglojateng.com/2022/03/01/pembelajaran-sejarah-kebudayaan-islam-dalam-pengembangan-budaya-dan-karakter-bangsa/, 1. Diakses pada 2-10.2023

Fadillah, A., Maharani, & Ihsan, F. F. (2023). Analisis Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Kitabah: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(3),

Fauziah, A., Maqhfiroh, L., & Handriyansari, A. R. (Tahun terbit belum disebutkan). Strategi dan Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah. INJURIES (Indonesian Journal of Islamic Education Studies), 1(1), 103-114. https://journal.pusmedia.com/index.php/injuries

Fuadi, H., Kamal, M., Sesmiarni, Z., & Zakir, S. (2022). Teknik Mencatat dengan Mind Map pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTI Tarusan Kamang. KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 550-556

Hamidah, N., & Andriansari, U. (2022). History Teacher Creativity in Instilling Student Learning Motivation. Proceedings of the International Conference on Islamic Education "Integrated Science and Religious Moderation in the New Paradigm of Contemporary Education," Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Maulana Malik Ibrahim State Islamic University (UIN) Malang, October 17, 2022, Volume 7, 2477-3638/2613-9804.

Ikmalina, H. I., & Hasan, Z. A. (2023). Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas VII MTs Ar Rohman Nglaban pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(9), ISSN: 2810-0581 (online).

Jamalah. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar PAI Melalui Metode Mind Mapping. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(4), 386-391

Kholis, N., & Khumaidah, S. (2021). Mind Mapping as an Innovative Approach to Teaching Islamic History during COVID-19 Pandemic. International Journal of Education and Social Science Research, 4(05), 12. https://doi.org/10.37500/IJESSR.2021.4502

Maisaroh & Rostrieningsih (2012). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan. https://doi.org/10.21831/jep.v7i2.571

Nursipa, S., Najib, A. A., & Muslim, A. S. (2023). Model Pembelajaran Mind Mapping Dinasti Al-Ayyubiyah terhadap Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII F MTSN 2 Purwakarta. ACTION: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 3(1)

Riffiyanti, E. (2019). Variasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Di MTs Miftahul Ulum Weding Bonang Demak. Jurnal Al-Fikri 2, no. 2 (2019): 1–10, https://doi.org/10.30659/jspi.v2i2.5146

Samoda, T. A. (2021). Pola Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran pada Mata Kuliah Sejarah Peradaban Islam di IAIN Ponorogo. Muara Aksara: Jurnal Multidisipliner, 1(1), 1-8.

Arif, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Perangkat Lunak pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa di MA Manba’ul Qur-an Mojokerto (Tesis). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya

Published
2023-12-30
How to Cite
munawir, Munawir, Putri Regina, Ananda Eka, Riza Zulmi, and Salsabila Laili. 2023. “Systematic Review: Implementasi Mind Mapping Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 21 (2), 186-93. https://doi.org/10.36835/jipi.v21i2.4087.
Section
Articles