PENGEMBANGAN KURIKULUM PERGURUAN TINGGI (Sebuah Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi)

  • Nashihin Nashihin Sekolah Tinggi Agama Islam Raden Qosim (STAIRA) Lamongan

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan tinggi harus dimulai dari pengembangan kurikulum, karena kurikulum adalah sebuah alat untuk mencapai tujuan, sesuai dengan satuan pendidikan, dan potensi daerah masing-masing sebagaimana hal tersebut dicetuskan dalam UU No. 20/2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 36 ayat 2, bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik, (pada ayat 2) di dalam pasal 38 dikemukakan bahwa kurikulum pendidikan tinggi dikembangkan oleh pendidikan tinggi yang bersangkutan dengan mengacu kepada standar nasional pendidikan pada semua program studi.

Untuk menciptakan out-put pendidikan yang berkualitas maka diperlukan strategi pengembangan kurikulum dimasing-masing institusi pendidikan dan mengikut sertakan berbagai komponen dalam pendidikan yang dimaksud. Karena masalah mutu dan pengembangan kurikulum bukan tanggung jawab secara personal melainkan tanggung jawab secara kolektif.

References

Abd. Ghafur, 1989, Desain Instruksional , Solo, Tiga Serangkai.

C.E Beeby,1982, Assessment of Indonesian Education A Guide in Planning, Jakarta: LP3ES

Dede Rosyada, 2004, Paradigma Pendidikan Demoratis, Jakarta, Kencana.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, 2004, Panduan Pelaksanaan Perguruan Tinggi, Jakarta: SPM-PT

H.A.R. Tilaar,2002, Membenahi Pendidikan Nasional, Jakarta, Rineka Cipta.

Hamalik, O. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Sinar Baru.

Hamid Syariief A, 1996, Pengembangan Kurikulum, Surabaya: PT Bina Ilmu

Francis Wahono, 2001, Kapilatisme Pendidikan Antara Kompeisi dan Keadilan, Jakarta: Pustaka Pelajar

Muhaimin, DKK, 2005, Pengembangan Kurikulum Bebasis Kompetensi di Perguruan Tinggi Agama Islam. Jakarta: Pustaka Pelajar

Nasution, S, 1990, “Pengembangan Kurikulum†PT Citra Aditya Bakti, Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional, Penerbit citra Umbara, Bandung.

Published
2013-08-01