PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

  • pusvyta sari Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads dalam meningkatkan hasil
belajar mahasiswa pada mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam INSUD Lamongan, Jawa Timur.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap
terdiri dari empat tahapan: Diagnosis masalah, Perencanaan-Tindakan
Pelaksanaan Tindakan-Observasi, Analisis Data, Evaluasi dan Refleksi. Hasil
penelitian menunjukkan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads
dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Nilai rata-rata kelas A dari nilai
awal 51,4 menjadi 76,3 pada siklus 2; kelas B: dari 53,5 menjadi 70; dan kelas
C: dari nilai 50,4 menjadi 80,5. Hasil observasi pada setiap siklus
menunjukkan metode ini juga meningkatkan sikap saling ketergantungan
positif, tanggung jawab anggota, efektifitas tatap muka, mendorong
komunikasi antar anggota dan kemampuan evaluasi sikap dan kerja kelompok.

Published
2018-03-24