POTENSI DAN PROSPEK WISATA HALAL DALAM MENINGKATKAN EKONOMI DAERAH DI KABUPATEN GRESIK

  • Muhammad Umam Izzul Haq, Roifatul Fatinati Khoirina, Siti Mas’udatul Hikmah Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik
Keywords: Wisata Halal, Ekonomi Daerah, Kabupaten Gresik

Abstract

Indonesia dengan kekayaan yang membentang dan keanekaragaman sumber daya alam, merupakan modal utama di bidang pariwisata apabila dapat dimanfaatkan dengan baik. Sektor pariwisata memiliki perkembangan dalam segmentasinya, saat ini yang cukup pesat perkembangannya dan menjadi trend di dunia internasional adalah pembangunan wisata halal.

Pariwisata dan ekonomi memiliki keterkaitan yang kuat, Hubungan keduanya saling melengkapi, ekonomi akan tumbuh jika ditopang oleh perkembangan wisata yang semakin maju, terutama bagi pelaku usaha sekitar destinasi wisata, baik pelaku usaha kecil, menengah, maupun yang besar.

Minat terhadap wisata halal mengalami pertumbuhan yang meningkat. sehingga seiring berkembangnya wisata halal dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian daerah. Gresik sendiri mempunyai potensi wisata halal serta tempat wisata yang indah untuk dikunjungi. Maka dengan mengembangkan pariwisata halal di kabupaten Gresik sangat memungkinkan untuk berkembangnya ekonomi di daerah kabupaten Gresik.

Published
2022-12-31