Urgensi Peningkatan Profesionalisme Guru

  • Ida Miftakhul Jannah STAI Ihyaul Ulum

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk mentransfer pengetahuan dan juga nilai kepada peserta didik untuk menjadi manusia yang mandiri dan bertanggung jawab. Upaya ini bergantung pada beberapa faktor baik berupa manusia maupun non manusia. Adapun faktor terpenting bagi suksesnya sebuah lembaga pendidikan adalah kualitas manusianya yakni guru. Sebaik apapun faktor non manusia, tanpa adanya manusia (guru) yang berkualitas dan profesional, maka keberhasilan pendidikan akan sulit tercapai. Guru sebagai pilar utama dalam proses pembelajaran mempunyai peranan penting bagi keberhasilan belajar peserta didik. Oleh karena itu, kualitas dan profesionalitasnya harus selalu ditingkatkan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai upaya profesionalisasi guru, yaitu program pre-service education, in-service education dan in-service training. Program pre-service education ditempuh para calon guru sebelum mereka terjun di dunia pendidikan, program in-service education merupakan pemberian kesempatan kepada mereka yang sudah memiliki jabatan guru untuk menempuh pendidikan lanjutan, sedangkan program in-service training merupakan program yang diselenggarakan dalam rangka terus meningkatkan profesionalitas guru, misalnya, dengan program pembinaan guru. Dengan adanya program-program untuk meningkatkan profesionalisme guru seperti inilah, kualitas dan profesionalisme guru akan selalu meningkat dan proses pembelajaran juga akan lebih berkualitas.

Published
2017-12-10
How to Cite
Jannah, I. (2017). Urgensi Peningkatan Profesionalisme Guru. TASYRI’: JURNAL TARBIYAH-SYARI’AH ISLAMIYAH, 24(01), 32-47. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3150
Section
Articles