Eksistensi dan Paradigma Keilmuan Manajemen Pendidikan Islam

  • Muhamad Fatih Rusydi Syadzili STAI Ihyaul Ulum Gresik

Abstract

Perkembangan kajian Manajemen Pendidikan pada tahun 2005 di Indonesia semakin memperlihatkan kepesatannya, hal ini berdampak pada; 1) banyaknya Program Studi Administrasi Pendidikan di beberapa perguruan tinggi yang telah melepaskan diri dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) yang telah bertransformasi menjadi Program Studi Manajemen Pendidikan; 2) maraknya pembukaan Program Studi Manajemen Pendidikan baik di tingkat S-1, S-2 maupun S-3, baik di perguruan tinggi swasta maupun negeri.
Gejala di atas berimbas pula pada pendidikan Islam. Pada tahun 2007, Departemen Agama menitipkan 30 orang dosen Perguruan Tinggi Agama Islam untuk mengikuti program beasiswa doktor bidang Manajemen Pendidikan ke Universitas Islam Negeri Bandung. Harapannya, setelah lulus, mereka dapat memperbaiki pengelolaan pendidikan Islam.
Kajian terhadap Manajemen Pendidikan Islam pun semakin sering dilakukan di hampir seluruh Pendidikan Tinggi Islam (diktis) di Indonesia. Fenomena ini mendapatkan momentumnya setelah sejumlah Institu Agama Islam Negeri (Jakarta, Yogyakarta, Malang dan Bandung), dalam rentang waktu 2004-2006, sukses mengubah bentuk kelembagaan dan pengelolaannya menjadi Universitas Islam Negeri.

Published
2019-06-13
How to Cite
Syadzili, M. F. R. (2019). Eksistensi dan Paradigma Keilmuan Manajemen Pendidikan Islam. TASYRI’: JURNAL TARBIYAH-SYARI’AH ISLAMIYAH, 26(01), 49-59. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3400
Section
Articles