Konsep Evaluasi dalam Pendidikan Islam

  • Miftakhul Muthoharoh STAI Ihyaul Ulum Gresik

Abstract

      Evaluasi merupakan proses penaksiran terhadap ada tidaknya perkembangan, untuk mengettahui kadar dan tingkat kemajuan seseorang sebagai alat untuk membantu seseorang agar merubah sikap dan tingkah lakunya dan untuk mempertimbangkan kecukupan alat yang dipakai maupun administrasi yang ada.

      Sasaran evaluasi dalam pendidikan islam adalah sejauh mana loyalitas dan pengabdian seorang hamba kepa Allah SWT, sejauh mana dia dapat mengaplikasikan islam ditengah masyarakat, lingkungan alam, dan bagaimana dia memposisikan dirinya di hadapan Allah dan di sisi manusia.

Dasar melaksanakan evaluasi dalam pendidikan islam tidak memandang formalitas, tetapi substansi dan kualitas sebuah tindakan, sebagaimana disebutkan dalam QS. Al-Hajj: 37 bahwasanya “Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai keridaan Allah tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainyaâ€.

Dalam melaksanakan evaluasi seorang evaluator harus memperhatikan prinsip-prinsip kontinuitas, komperhenship, objektifitas baik diterapkan kepada diri sendiri maupun orang lain.

Published
2019-11-10
How to Cite
Muthoharoh, M. (2019). Konsep Evaluasi dalam Pendidikan Islam. TASYRI’: JURNAL TARBIYAH-SYARI’AH ISLAMIYAH, 26(2), 1-9. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3457
Section
Articles