Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Ayat-Ayat Muhkam-Mutasyabih Dan Implikasinya Di Dunia Pendidikan

  • Inayatul Hidayah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Nilai Pendidikan, Muhkam-Mutasyabih

Abstract

Al-Qur’an sebagai mukjizat terbesar yang Allah berikan kepada Nabi Muhammad berfungsi sebagai pedoman hidup manusia. Di dalam Al-Qur’an terdapat ayat-ayat yang mudah dipahami hanya dengan sekali membaca atau disebut juga dengan ayat Muhkam dan terdapat pula ayat yang membutuhkan beberapa metode untuk menafsirkannya, dan ayat tersebut disebut dengan mutasyabih. Penelitian ini termasuk dalam jenis library research atau disebut juga penelitian kepustakaan karena penilitian ini menelaah dan menganalisis ayat-ayat Muhkam dan mutasyabih yang terdapat di dalam Al-Qur’an.

Penelitian ini menunjukkan: pertama, ayat Muhkam memang disebutkan sebagai ayat yang dalam sekali baca sudah dapat dipahami maknanya, namun hal tersebut hanya berlaku bagi orang yang memahami Bahasa Arab. Untuk orang yang belum memahami Bahasa Arab, maka membutuhkan terjemahan. Kedua, nilai pendidikan yang dapat diambil dari pembahasan Muhkam dan mutasyabih adalah nilai religius, nilai toleransi, nilai kebijaksanaan, nilai kerja keras, dan nilai tanggungjawab.

References

Acep Hermawan, ‘Ulumul Quran Ilmu untuk Memahami Wahyu, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013)
Ahmad Izzan, Ulumul Qur’an: Telaah Tekstualitas dan Kontekstualitas Alquran, (Bandung: Tafakur, 2011)
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, cet. 10, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015)
Ramli Abdul Wahid, Ulumul Qur’an I, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1994)
Sugiyono, Metode Penelitian Pedidikan: Pendekatan Kuantitataif, Kualitatif, dan R&D, cet. 15, (Bandung: Alfabeta, 2012)
Published
2019-11-14
How to Cite
Hidayah, I. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Ayat-Ayat Muhkam-Mutasyabih Dan Implikasinya Di Dunia Pendidikan. TASYRI’: JURNAL TARBIYAH-SYARI’AH ISLAMIYAH, 26(2), 129-137. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3464
Section
Articles