Kompetensi Kepribadian Guru Perspektif Tafsir Al-Sha’rawi Dalam Q.S. Al-Kahfi Ayat 60-82

  • Senata Adi Prasetia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Muhammad Fahmi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Kompetensi Kepribadian Guru, Tafsir Al-Sha’rawi, Surah al-Kahfii

Abstract

Artikel ini berangkat dari keprihatian akan rendahnya kualitas kompetensi kepribadian sebagian guru. Hal itu tercermin dari beberapa oknum guru SD di Paiton, Probolinggo dan Serang, Banten yang mencabuli siswinya selama satu tahun terakhir. Kejadian keji ini baru terungkap pada Januari dan Februari 2020. Betapa miris mendengarnya, tatkala seorang guru yang seharusnya menjadi pribadi yang digugu dan ditiru, justru sebaliknya. Penelitian ini mengangkat permasalahan kompetensi kepribadian guru perspektif Tafsir Al-Sha’rawi dalam Q.S. al-Kahfi ayat 60-82, urgensi serta relevansinya di era kekinian. Artikel ini merupakan studi pustaka (library research) dengan pendekatan deskriptif-analitis, serta proses analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan terdapat 7 (tujuh) kompetensi kepribadian guru, yaitu tawad}u’ (rendah hati), menjaga adab, tegas, semangat, bertanggungjawab, menghormati pendapat, dan menjaga hubungan baik. Kompetensi kepribadian guru yang ada dalam perspektif Tafsir Al-Sha’rawi Q.S. al-Kahfi ayat 60-82 sangat relevan di era kekinian agar guru terhindar dari perbuatan-perbuatan menyimpang serta guru dapat memenuhi kompetensi yang seharusnya dimilikinya.

References

Ah}mad bin i‘Ali> bin Hajar al-Athqalaniy. Fath Al-Bari> Juz X, n.d.
Al-‘Ainai>n, Abu. Al-Sha’rawi: Ana> Min Sula>lat Ahl Al-Bai>t. al-Qa>hirah: Akhba>r al-Yau>m, 1995.
Al-Athqalani>y, Ahmad bin ‘Ali> bin Hajar. Fath Al-Ba>ri. Beirut: Da>r al-Ma’rifah, n.d.
Al-H}anafi>, Burha>n al-Di>n al-Isma’i>l al-Zarnuji>. Ta’li>m Al-Muta’allim. Solo: Pustaka Arafah, 2018.
Al-Hadi>th, Anggota Multaqa>. Al-Mu’jam Al-Ja>mi Fi Tara>jim Al-‘Ulama> Wa Tulla>bah Al-‘Ilm Al-Mu’Assiri>n. Baghdad: Maktabah Sha>milah, al-Isda>r al-Thani>, 1934.
Al-Lat}i>f, ‘Abdul ‘Azi>z bin Muh}ammad bin ‘Ali> al-Abd. Da’a>wi> Al-Muna>wi>n Li Da’wat Al-Syai>kh Muh}ammad Bin Abdul Wahhab. Riya>d}: Da>r Tayyibah, 1989.
Al-Sha’rawi, Muh}ammad al-Mutawalli>y. Tafsi>r Al-Sha’rawi, n.d.
———. Tafsi>r Al-Sha’rawi Juz XIV. Kairo: Akhba>r al-Yau>m, 1991.
Al-Shaiba>ni>y, Muh}ammad Ibra>him. H{aya>t Al-Albani>y Wa ‘Atha>rahu Wa Thana>u Al-Ulama> ‘Alaihi. T.tp: Maktabah al-Sadda>wi>y, 1987.
Asy’ari, KH. Hasyim. Ada>b Al-’A>lim Wa Al-Muta’allim. Jombang: Maktabah Tura>th al-Isla>my, 1965.
Badruzzaman, M. yunus. “Tafsi>r Al-Sha’rawi: Tinjauan Terhadap Sumber Metode Dan Ittijah.” UIN Syarif Hidayatullah, 2009.
Dendi Sugono, Dkk. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Bahasa, 2008.
Hosman, M. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
Ial-Kha>dimiy, Muh}ammad. Bari>qah IMah}mu>diyyah Juz III. CD iMaktabah iSha>milah: al-Isda>r ial-Thani>y, n.d.
Indonesia, Republik. Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Guru dan Dosen (2005).
Istibsyaroh. “Muhammad Mutawalli>y Al-Sha’rawi Dan Tafsirnya”.” Jurnal Studi Al-Qur’an I, no. 2 (2006): 204–19.
Iyazy, Muhammad ‘Ali>. Al-Mufassiru>n Haya>tahum Wa Manha>juhum. Teheran: Mu’assasah al-T{iba>’ah wa al-Nashr Wiza>rah al-Thaqa>fah wa al-Irsha>d al-Islami>y, n.d.
Lestari, Sri. “Anak-Anak Muda Indonesia Makin Radikal?” bbc. Jakarta, March 4, 2020. ihttp://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2016/02/160218_indonesia_radikalisme_anak_muda/.
Malkan. “Tafsi>r Al-Sha’rawi: Tinjauan Biografis Dan Metodologis.” ALQALAM 29, no. 02 (2012): 195–210.
Muh}ammad al-Mutawalli>y Al-Sha’rawi. Tafsi>r Al-Sha’rawi, n.d.
Nasional, Menteri Pendidikan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru (2007).
Nazmuddin, Acep. “Oknum Guru SD Cabuli 5 Murid Di Kelas Dan Gudang Selama Setahun.” kompas. Jakarta, March 3, 2020. http://regional.kompas.com/read/2020/02/29/20164001/oknum-guru-sd-cabuli-5-murid-di-kelas-dan-gudang-selama-setahun/.
Otradiksa, Ahwy. “Pengembangan Kualitas Kepribadian Guru.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, no. 02 (2012): 236–51.
Pertana, Pradito Rida. “Pengakuan Pembina Pramuka Pengajar Tepuk ‘No Kafir’ Saat Dipanggil Kwarcab.” detik.com. Jakarta, March 4, 2020. ihttp://m.detik.com/news/berita-jawa-tengah/d-4861143/pengakuan-pembina-pramuka-pengajar-tepuk-no-kafir-saat-dipanggil-kwarcab/.
Published
2020-04-15
How to Cite
Prasetia, S. A., & Fahmi, M. (2020). Kompetensi Kepribadian Guru Perspektif Tafsir Al-Sha’rawi Dalam Q.S. Al-Kahfi Ayat 60-82. TASYRI’: JURNAL TARBIYAH-SYARI’AH ISLAMIYAH, 27(1), 21-38. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3481
Section
Articles