Menumbuhkan Sikap Karakteristik Islam dalam Dunia Pendidikan Pesantren Maupun di Luar Pendidikan Pesantren di Indonesia

  • Indah Fitriya UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Alaika M. Bagus Kurnia PS Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya
Keywords: Karakterisrik, pendidikan dan siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar dapat mengembangkan karakteristik siswa terhadap pendidikan yang islami. Di indonesia sendiri banyak ditemui siswa yang tak memiliki sikap atau karakter yang baik. Dalam hal ini, tentu peran orang tua, guru atau ustadz ustadzah  dan lingkungan sekitar sangat berpengaruh. Perlunya pendidikan yang seperti ini adalah agar siswa indonesia menjadi siswa yang lebih unggul dari masa ummat sebelumnya. Dalam poin ini, guru atau ustadz ustadzah sangat menjadi poin utama, karena hampir seluruh waktu murid dihabiskan di sekloahnya,  Hal ini berlaku semenjak banyak sekolah yang menerapkan sistem full day, apalagi bagi para santri yang sedang mondok tentu lebih jarang bertemu atau bertatap muka dengan kedua orang tua. Dalam AL Qur’an dan Al Hadist, Allah telah menjunjung tinggi sikap berkarakter atau berakhlaq. Oleh karena itu kita sebagai ummatnya haruslah menerapkan hal tersebut. Dalam hal ini semua metode-metode baik untuk kalangan sekolah atau pesantren dianggap sudah cukup membantu menumbuhkan sikap karakter, namum terutama untuk kalangan sekolah, orang tua juga harus ikut andil dalam membentuk karakter anaknya menjadi baik. Sedang dikalangan pesantren sendiri Kyai ibu Nyai  atau Ustdaz ustadzah mengambil alih posisi sementara dalam mendidik santri yang berkarakter muslim. Melihat hal ini indonesia tak perlu takut lagi untuk menyiapkan generai yang Rahmatal lil’alamin dan yang sesuai dengan ideologi pancasila.

References

Bahri, Saiful. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Di Sekolah.” Jurnal Ta’allum 1, no. 56 (2017): 48–63.
Fathurrohman, Muhammad. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2017.
Fitri, Agus Zaenul. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Dan Etika Di Sekolah. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2017.
Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.
Ma’unah, Binti. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa.” Jurnal Episteme 1, no. 74 (2017): 45–64.
Setiawati, Nanda Ayu. “Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa.” In Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 56–77. Medan: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2017.
Tobroni. Memperbincangkan Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media, 2018.
Wahyu. “Masalah Dan Usaha Membangun Karakter Bangsa.” Jurnal Komunitas 1, no. 45 (2015): 25–43.
Wyne. Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenada Media, 2011.
Yaumi, Muhammad. Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana, 2016.
Published
2020-04-20
How to Cite
Fitriya, I., & Kurnia PS, A. M. B. (2020). Menumbuhkan Sikap Karakteristik Islam dalam Dunia Pendidikan Pesantren Maupun di Luar Pendidikan Pesantren di Indonesia. TASYRI’: JURNAL TARBIYAH-SYARI’AH ISLAMIYAH, 27(1), 50-73. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3483
Section
Articles