Analisis Kesalahan Kalimat Bahasa Indonesia pada Teks Pidato Siswa MTs.Ma’arif 16 Nurul Hidayah

  • Busyro . STAI Ihyaul Ulum Gresik
Keywords: struktur kalimat, pembentukan kata, kesalahan ejaan, sinksis dan semantic

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah  untuk memberi  penjelasan kesalahan ke salahan pemakaian kalimat dalam tulisan tek pidato siswa MTs Ma’arif 16 Nurul Hidayah Banyubang Solokuro Lamongan. Mendeskripsikan beberapa aspek kesalahan yang sering terjadi , dan  faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode penelitihan deskriptif kualitatif. Sampel penelitihan ini adalah teks  yang ditulis oleh siswa sebagai bahan pidato kegitan ektra kurikuler MTs. Ma’rif 16 Nurul Hidayah Solokuro Lamongan. teknik sampling yang digunakan dalam penelitihan ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil Penelitian ini dapat  disimpulkan bahwa: pertama yang mengalami kesalahan berbahasa yang sering terjadi dalam teks pidato siwa MTs.Ma’arif 16 Nurul Hidayah Banyubang Solokuro Lamongan adalah unsur linguistik terjadi  dalam empat kategori kesalahan, yaitu: kesalahan ejaan; pembentukan kata, aspek sintaksis dan aspek  semantik. Kedua, penggunaan tanda baca.

References

Anjarsari Nurvita, Sarwiji Suwandi dan Slamet Mulyono. “Analisis Kesalahan Pemakaian Bahasa Indonesia Dalam Karangan Mahasiswa Penutur Bahasa Asing Di Universitas Sebelas Maret.” Jurnal Bahasa Sastra Indonesia Dan Pengajarannya 2, no. 1 (2013): 1–20.
Brown, H.Douglas. Principles of Language Learning and XTeaching (Fourth Edition). New Jersey: Addison Wesley Longman, 2000.
Ghufron, Syamsul. “Kealahan Berbahasa Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamongan.” BASTRA 4, no. 1 (2017): 31–50.
———. Kesalahan Berbahasa: Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2015.
Hanafi, Iduar. “Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Pada Revisi Karangan Narasi Di Sekolah Dasar Kecamatan Pulau Laut Utara Kota Baru Kalimantan Selatan.” Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.
Indonesia, Tim Pengembang Pedoman Bahasa. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembang dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.
Johnson, K dan K Morrow. Communicative in the Classroom. England: Burnt Mill Longman.Ltd, 1981.
Mahsun. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Published
2020-04-20
How to Cite
., B. (2020). Analisis Kesalahan Kalimat Bahasa Indonesia pada Teks Pidato Siswa MTs.Ma’arif 16 Nurul Hidayah. TASYRI’: JURNAL TARBIYAH-SYARI’AH ISLAMIYAH, 27(1), 74-83. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3484
Section
Articles