Inovasi Layanan PT Mitra Tour Dan Travel Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Sebagai Upaya Eksistensi Di Era Persaingan Global

(Studi Pada PT. Mitra Tour Dan Travel Gresik)

  • Ali Muhajir Universitas Islam Darul ‘ulum
Keywords: Inovasi, Kualitas Layanan, Persaingan Global

Abstract

        Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi yang telah dilakukan PT. Mitra Tour dan Travel Gresik dan mendeskripsikan kualitas pelayanan PT. Mitra Tour dan Travel setelah melakukan inovasi sebagai upaya eksistensi di era persaingan global. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik alaisis data terdiri dari, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi layanan yang telah dikembangkan oleh PT. Mitra Tour dan Travel adalah pembayaran PLN, pembayaran PDAM, Pembayaran BPJS, Pembayaran internet, isi pulsa, Multi finance, pengurusan pajak dan plat kendaraan, pengiriman paket dan dokumen, transfer uang, dan iso saldo OVO, Brizzi, Link Aja, Dana. Untuk kualitas pelayanan PT.Mitra Tour dan Travel dilihat dari dari dimensi berwujud, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati secara umum sudah sangat baik.

References

Antanegoro, Yordan, Djasuro Surya FS. "Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Inovasi Layanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah". J Ris bisnis dan Manaj tirtayasa. Volume 1, Nomor 2 (2017)
Claudia N. Kualitas Pelayanan Ticketing Pada PT. Syam Tour And Travel Pekanbaru. JOM FISIP. Voleme 3, Nomor 1(2016).
Hardiansyah." Kualitas Pelayanan Publik : Konsep, Dimensi, Indikator Dan Implementasinya". yogyakarta : Gava Media, 2011.
Hubeis M. "Manajemen Kreativitas Dan Inovasi Dalam Bisnis". Jakarta : PT. Hecca Mitra Utama, 2012.
Kotler P. "Manajemen Pemasaran". Jakarta : Indeks, 2008.
Moleong, j L. "Metodologi Penelitian Kualitatif". Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2006.
Prasanti D. "Perubahan Media Komunikasi Dalam Pola Komunikasi Keluarga di Era Digital. Commed. Volume 1, Nomor 1 (2016)
Subadra IN. "Pariwisata Indonesia". Bandung : Angkasa, 2006.
Sugiyono. "Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D". Bandung : Alfabeta, 2007.
Sugiyono. "Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif Dan Kombinasi (Mixed Methods)". Bandung : Alfabeta, 2016.
Tjiptono F. "Pemasaran Jasa–Prinsip, Penerapan, Dan Penelitian". Yogyakarta : ANDI, 2014.
Tjiptono F. "Strategi Pemasaran". Yogyakarta : ANDI, 2008.
Utami CW. "Manajemen Ritel : Strategi Dan Implementasi Ritel Modern". Jakarta : Salemba Empat, 2010.
Published
2020-10-28
How to Cite
Muhajir, A. (2020). Inovasi Layanan PT Mitra Tour Dan Travel Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Sebagai Upaya Eksistensi Di Era Persaingan Global: (Studi Pada PT. Mitra Tour Dan Travel Gresik). TASYRI’: JURNAL TARBIYAH-SYARI’AH ISLAMIYAH, 27(2), 11-22. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3551
Section
Articles