Implementasi Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah pada Materi Konsep Lingkungan untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Ilmiah Mahasiswa Prodi PGMI

  • Tatik Indayati

Abstract

Penelitian implementasi model pembelajaran berdasarkan masalah pada pembelajaran konsep lingkungan untuk mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah mahasiswa Prodi PGMI, bertujuan mendeskripsikan keterampilan berpikir ilmiah mahasiswa dalam memecahkan masalah dan mengevaluasi ketuntasan tes keterampilan berpikir dalam memecahkan masalah. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yakni (1) tahap pengembangan perangkat pembelajaran dan tes awal yang dilakukan saat ujicoba terbatas, dan (2) tahap implementasi pengembangan perangkat pembelajaran di kelas yang melibatkan 40 orang mahasiswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Instrumen yang digunakan antara lain (1) lembar pengamatan keterampilan berpikir ilmiah mahasiswa dalam memecahkan masalah, (2) tes keterampilan berpikir dalam memecahkan masalah. Hasil analisis data menunjukkan keterampilan berpikir ilmiah mahasiswa dalam memecahkan masalah dikategorikan baik. Tingkat ketuntasan tes keterampilan berpikir mahasiswa dalam memecahkan masalah secara klasikal mencapai 85%.

 

 

Published
2017-12-10
How to Cite
Indayati, T. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah pada Materi Konsep Lingkungan untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Ilmiah Mahasiswa Prodi PGMI. TASYRI’: JURNAL TARBIYAH-SYARI’AH ISLAMIYAH, 24(01), 14-31. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3147
Section
Articles