Analisa Strategi All Financial Management pada Perbankan Indonesia di Era Global

  • Masyhadi Masyhadi Institut Agama Islam Al Khoziny Buduran Sidoarjo

Abstract

Perbankan di Indonesia terdiri dari bank pemerintah, bank swasta nasional dan bank swasta asing dengan pola manejemen yang berbeda-beda diseuakan dengan kondisi dan kebijakan yang diterapkan. Masyarakat di era global ini mulai peka dan cerdas terhadap perkembangan perbankan yang dapat di akses secara kemajuan teknologi maupun strategi pemasaran yang dilakukan masing-masing bank. Membahas perbankan maka akan tekait dengan pengeleloan keuangan. Pengelolaan keuangan sangatlah penting mengingat kesalahan didalam menentukan anggaran maupun aplikasi peggunaan uang akan berdampak pada kerugian yang harus ditanggung oleh perusahaan. Setiap bagian atau departemen tidak akan pernah lepas dari bagian keuangan untuk itu pada bagian ini diperlukan orang yang teliti,  jujur,  serta mampu mengelola keuangan dengan baik. Penerapan strategi pengelolaan menyeluruh manajemen keuangan (all financial management) harus mampu membuat skala priorotas pada saat dana terbatas sementara kebutuhan relatif banyak.

Strategi all financial management merupakan pola manejemen keuangan dengan sistem dan pengelolaan serta pengaturan aktivitas sebuah bank maka sistem perbankan yang berhubungan dengan usaha-usaha untuk mendapatkan dana dari nasabah, kreditur dan debitur bank dengan pola pembiayaan serta usaha untuk menggunakan dan mengalokasikan dana tersebut secara efisien dan efektif. Mengingat fungsi manajemen keuangan,  maka kedudukan manajemen keuangan dapat dikatakan berada pada posisi sentral. Makin canggihnya teknologi yang pesat dari sektor-sektor ocala keuangan dan teknologi memberikan tanda adanya kebangkitan ekonomi. Geliat ekonomi nampaknya belum dirasakan oleh sebagian perbankan swasta. Dalam menghadapi persaingan bisnis secara global tak jarang para pelaku bisnis melakukan segala cara agar dapat bertahan di tengah persaingan global saat ini tak pelak bermunculan kasus-kasus kriminal perbankan sehingga kehilangan trust dari masyrakat

           Persaingan perbankan menjadi sebuah tantangan bagi semua perbankan yang ingin masuk ke pasar global terutama bank-bank swasta nasional maupun asing harus dapat strategi all financial management mulai dari manajemen modal kerja, manajmen kas dan surat berharga, manajemen arus kas masuk dan keluar, manajemen piutang, manajmen persediaan, manajemen pendanaan jangka pendek dan menengah, kebijakan kredit hingga strategi pemasaran yang diterapkan sebuah bank karena dengan adanya globalisasi,  perbankan dituntut untuk menerapkan strategi pemasaran global sehingga akan berdampak pada keunggulan bersaing di pasar ocal,  yaitu pasar tempat produk perbankan masing-masing bank dipasarkan. Setiap bank memiliki karakteristik yang beragam sehingga setiap bank harus pula mengamati permintaan pasar ocal terhadap produk-produk perbankan yang dijual. Dengan adanya permintaan yang memiliki karakteristik berbeda, maka penerapan strategi manejemen keuangan menyeluruh temasuk pemasaran bagi masing-masing bank harus sesuai dengan kondisi pelaku terlibat dan pasar.

Published
2017-10-26
How to Cite
Masyhadi, M. (2017). Analisa Strategi All Financial Management pada Perbankan Indonesia di Era Global. TASYRI’: JURNAL TARBIYAH-SYARI’AH ISLAMIYAH, 24(2), 1-11. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3288
Section
Articles