Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo, Kebumen

  • Arifia Sabila Hayati Insitut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: pandemi covid-19, peran orang tua,, belajar untuk anak

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan meneliti sebagai salah satu masyarakat desa Depokrejo. Untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam mengembangkan kemampuan belajar  untuk anak usia dini di masa pandemi covid-19. Subjek penelitian ini adalah orang tua dan anaknya. Dalam penelitian ini, peneliti memakai metode pengumpulan data berupa wawancara. Hasil penelitian tentang peran orang tua mengajar anak pada ditengah pandemi covid-19, menunjukkan bahwa ada orang tua yang kurang memperhatikan kegiatan pembelajaran anak yang ada dirumah serta sibuk  dengan pekerjaan masing-masing, tetapi ada juga orang tua yang mau mengarahkan anaknya untuk belajar dirumah dan saling mengkomunikasikan serta menuntun anak untuk belajar bersama.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran orang tua yang memiliki semangat tinggi untuk motivasi belajar dan mengembangkan kemampuan belajar anak akan membawa dampak yang baik bagi anak, apalagi di masa pandemi covid-19 saat ini anak-anak sangat membutuhkan peran dari orang tua untuk menumbuhkan minat belajar mereka melalui pembelajaran yang akan diajarkan dirumah.            

References

AM, Sadirman, 2008, Interkasi dan Motivasi Belajar Mengajar, Ed. XVI; Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2008Puspitasari, R. (2020). Hikmah Pandemi Covid-19 Bagi Pendidikan Di Indonesia. Diambil 26 Mei 2020, dari Institut Agama Islam Negeri Surakarta website: https://iain-surakarta.ac.id/hikmah-pandemi-covid-19-bagi-pendidikan-diindonesia/.
Ar-Ruzz Media.Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur Abstrak. 5(1), 177–186. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529.
Fadillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD Tinjauan Teoritik & Praktik.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, R I. 2020, Surat Edaran No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Virus Corona Disease Covid 19, Jakarta.
Margono, 2009, Penelitian Kualitatif, Bandung : Usaha Nasional.
Moleong, 2007, Penelitian Kualitatif, Jakarta : Bumi Aksara.
Pandemi Covid 19, diakseskan 16 Oktober 2020 pukul 22.16 WIB, https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_COVID-19.
Patilima, 2005, Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabeta.
Simha, A., Prasad, R. V., & Narayana, S. (2020). A simple Stochastic SIR model for COVID 19 Infection Dynamics for Karnataka: Learning from Europe. March. http://arxiv.org/abs/2003.11920.
Slameto. (2020). 5 Fakta Pendidikan di Tengah Wabah Corona. Diambil 26 Mei 2020, dari detiknews website: https://news.detik.com/kolom/d-4969335/5-faktapendidikan-di-tengah-wabah-corona.
Suharsimi, Arikunto, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta.
Taubah, M. (2016). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam Mufatihatut Taubah. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 109. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.109-136.
Winingsih, Endang. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. April 2, 2020. Poskita.co: https://poskita.co/2020/04/02/peran-orangtuadalampembelajaran-jarak-jauh/.
Published
2020-10-28
How to Cite
Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo, Kebumen. TASYRI’: JURNAL TARBIYAH-SYARI’AH ISLAMIYAH, 27(2), 23-32. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3552
Section
Articles