INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS E-LEARNING

  • Ghafiki Faroek Abadi Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum Gresik
Keywords: Inovasi Pembelajaran, PAI dan E-Learning

Abstract

Pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar  mengajar  disebut  sebagai  e-learning. Salah  satu  kelebihannya adalah peserta didik dapat belajar tentangbahan ajar setiap saat dan di mana saja kalau diperlukan mengingat bahan ajar tersimpan di komputer.Sedangkan salah satu kekurangannya adalah kurangnya interaksi antara guru dan siswa atau bahkan antar siswa itu sendiri. Kurangnya interaksi ini bisa memperlambat terbentuknya values dalam proses      belajar                                dan        mengajar.Prinsip-prinsip            e-learning          pada pembelajaran PAI yang dituangkan dalam web sama sebagaimana pengembangan halaman web pada umumnya, yaitu: (a) merumuskan standar kompetensi, (b) kompetensi dasar (KD), (c) memberikan bantuan (help) dan kemudahan bagi siswa untuk mempelajari materi pembelajaran, (d) memberikan bantuan dan kemudahan bagi siswa untuk mengerjakan evaluasi atau tugas-tugas dengan perintah dan arahan yang jelas, (e) materi pembelajaran yang disampaikan sesuai standar yang berlaku secara umum dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, (f) materi pembelajaran disampaikan dengan sistematis dan mampu memberikan motivasi belajar serta pada bagian akhir setiap    materi                  pembelajaran                dibuat   ringkasan           atau rangkumannnya, (g) materi pembelajaran disampaikan sesuai dengan kenyataan, sehingga mudah dipahami, diserap, dan dipraktikkan langsung oleh siswa, (h) metode penjelasannya efektif, jelas dan mudah dipahami oleh siswa dengan disertai ilustrasi, contoh dan elemen multimedia lainnya, dan (i) perlu dilakukan evaluasi dan umpan balik (feedback) untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran siswa.
Published
2015-10-01
How to Cite
Abadi, G. F. (2015). INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS E-LEARNING. TASYRI’: JURNAL TARBIYAH-SYARI’AH ISLAMIYAH, 22(2), 127-138. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/1547
Section
Articles