EVALUASI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Kusaeri & Rangga Sa'dillah Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum Gresik
Keywords: Pendekatan Saintifik, PAI, dan Aqidah.

Abstract

Islamic  religion  education  subject  is  different  from  science  which  is without  putting  revelation  as  foundation  of  intellective.  This  research

aims to  outline the problems of scientific approach application on the

Islamic religious education subject and designs a scientific approach that is compatible with Islamic religious education subjects. This research is

done   in   curriculum   target   school   of   2013   Surabaya   Sidoarjo   that

combining   field   research   and   development   research   with   Delphi technique. This research reveals procedure obstacles and principles that are   often   founded   in   conducting   scientific   approach,   also   provides

guidance so that the empirical domain simply as support of scientific approach to be compatible for Islamic religious education subjects.

 

Penelitian           ini           bertujuan            menguraikan    problematika    penerapan pendekatan saintifik pada pelajaran PAI dan merancang pendekatan saintifik agar relevan dengan PAI. Penelitian dilakukan pada 10 sekolah sasaran Kurikulum 2013 di Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini mengkombinasi field research dan development research. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kendala penerapan pendekatan saintifik pada kegiatan mengamati. Utamanya pada materi aqidah. Guru sering mengartikan kegiatan mengamati dengan tayangan visual, dan (2) Pada desain RPP yang dikembangkan, langkah mengamati diperluas. Tidak hanya   mengamati objek yang empiris, namun juga mengamati gejala fenomenologis.
Published
2015-10-01
How to Cite
Rangga Sa’dillah, K. &. (2015). EVALUASI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. TASYRI’: JURNAL TARBIYAH-SYARI’AH ISLAMIYAH, 22(2), 139-154. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/1549
Section
Articles