Peranan Guru Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Bidang Studi Aqidah Akhlak di MI Kelas V dan VI Al Muniroh II Ujungpangkah Gresik

  • Muhtafi Muktar Institut Agama Islam Al Khoziny Buduran Sidoarjo

Abstract

Sekolah merupakan wadah bagi anak untuk belajar memperoleh pengetahuan dan pengembangan berbagai kemampuan dan keterampilan, oleh karena itu pengajaran di sekolah adalah salah satu usaha yang bersifat sadar tujuan dengan sistematis terarah pada perubahan tingkah laku dapat terjadi melalui proses pengajaran

Sehubungan dengan hal itu, maka guru sebagai salah satu unsur dalam proses Pendidikan mempunyai peranan yang penting bagi berhasil tidaknya proses pendidikan. Pendidikan dapat dirumuskan dari sudut proses teknik yaitu dilihat dari segi peristiwanya. Peristiwa dalam hal ini merupakan suatu kegiatan praktis yang berlangsung dalam satu masa dan situasi serta terarah pada satu tujuan. Peristiwa tersebut adalah satu rangkaian kegiatan komunitas antarmanusia, rangkaian kegiatan yang saling mempengaruhi. Dalam proses ini secara khusus adalah gambaran berlangsungnya PBM sebagaimana dikatakan Sardiman (1990:14) yaitu "kegiatan interaksi antara dua unsur manusia yakni siswa sebagai pihak yang belajar dan guru sebagai pihak yang mengajar, sedangkan siswa sebagai subyek pokoknya".

Tujuan praktis dari kegiatan interaksi belajar mengajar adalah untuk  membantu anak dalam suatu perkembangan tertentu, yaitu untuk mengantarkan anak didik ke tingkat kedewasaan. Dalam rangka ini guru tidak semata-mata sebagai pengajar yang hanya memindahkan pengetahuannya (transfer of knowledge), tetapi juga sebagai pendidik yang akan memindahkan nilai‑nilai (transfer of values) dan sekaligus sebagai pembimbing yang memberikan pengarahan dan penuntun siswa dalam belajar. Guru harus dapat menemukan kesulitan‑kesulitan yang dialami anak didik dalam belajar atau dalam menyesuaikan diri (Daradjat, 1980:23).

Published
2017-10-31
How to Cite
Muktar, M. (2017). Peranan Guru Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Bidang Studi Aqidah Akhlak di MI Kelas V dan VI Al Muniroh II Ujungpangkah Gresik. TASYRI’: JURNAL TARBIYAH-SYARI’AH ISLAMIYAH, 24(2), 46-53. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3295
Section
Articles