Portal Jurnal Online Kopertais Wilyah IV (EKIV) - Cluster SASAMBO


CEK DATA LAMA DI: http://ejournal.kopertais4.or.id/jurnal_versi_248_utk_copy_data/

Journals

  • Al-Hikmah

    Al-Hikmah Jurnal Studi Islam diterbitkan tiga bulan sekali oleh Institut Agama islam Hamzanwadi NW Lombok Timur berdasarkan keputusan Rektor IAIH NW Lombok Timur Nomor: 017/H.I/IAIH NW/2002 tanggal 15 September 2002 sebagai media komunikasi intlektual antara civitas academika di Lingkungan Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur pada khususnya serta PTN, PTS, PTAIN, PTAIS di seluruh Indonesia pada umumnya.

  • AL-RAHMAH: Jurnal Kajian Keislaman dan Pendidikan Islam

    Al-Rahmah merupakan Jurnal Kajian Keislaman dan Pendidikan Islam terbit tahun 2012 dua kali dalam satu tahun (edisi pertama mulai Januari-Juni, edisi kedua Juli-Desember) oleh LP2M STIT Darussalimin NW Praya Lombok Tengah. Kajian Keislaman fokus pada kajian Filsafat Islam, Teologi Islam dan Tasawuf. Adapun kajian Pendidikan Islam fokus pada Pendidikan Agama Islam (PAI), terutama pada aspek pemikiran dan metode pendidikan Agama Islam. 

    PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH

    Redaksi menerima artikel ilmiah yang belum diterbitkan di media cetak maupun online. Naskah diketik dengan Microsoft Word kertas ukuran A.4, jumlah halaman 15-20, 1,5 spasi, font times New Roman, size 12, menggunakan transliterasi dan footnote. Sistematika Penulisan: Judul, Penulis (nama, institusi, alamat lembaga, dan email penulis), Abstrack menggunakan bahasa Inggris (150 kata) dan Indonesia (100-200 kata), Kata Kunci; 3-6 kata, Pendahuluan, Pembahasan, Simpulan dan Daftar Pustaka. Artikel dikirim melalui email;alrahmahpai@gmail.com

    Khusus untuk edisi Januari-Juni 2016 Al-Rahmah akan menerbitkan artikel yang terkait tentang Pendidikan Agama Islam

  • El-Hikam

    El-Hikam Journal of Education and Religious Studies (P-ISSN 1978-2152 E-ISSN 2541-3465). First published by P2M STIT Nurul Hakim (before it turns into P3M Islamic Institute of Nurul Hakim) since Friday, March 21, 2008. And online publishing in 2015. The journal El-Hikam load articles and research-critical or analytical studies in the field of education and Islamic, in the framework of the development efforts, exploration, and explanation of knowledge especially for the Indonesian educated peoples, and the world. Those who are interested can apply for posts (articles) or the results of the study to the Editor & Administration Journal El-Hikam in LP3M Institute Nurul Hakim Jl. TGH. Abdul Karim 1 Kediri West Lombok NTB 83362 Phone (0370) 6175357 Facsimile (0370) 6175387 email: redaksi@el-hikam.com or redaksi.elhikam@gmail.com. This E-journal is an online version of the print edition of El-Hikam published by the Center for Research and Community Service Nurul Hakim Islamic Institute.To access the article published in this journal, please click ARCHIVES

  • PALAPA: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan

    PALAPA: Jurnal studi Keislaman dan ilmu pendidikan diterbitkan oleh lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LP2M) STIT Palapa Nusantara Lombok Nusa Tenggara Barat melalui Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah IV Surabaya. Jurnal ini terbit enam bulanan, yaitu bulan Mei dan November. Jurnal ini memuat kajian-kajian keislaman dan ilmu pendidikan yang meliputi Ilmu Pendidikan, Pendidikan Islam, Syari'ah, Pemikiran Islam, dan kajian Islam lainnya. Redaksi mengundang para akademisi, dosen, maupun peneliti untuk berkontribusi dalam jurnal ini. Artikel adalah karya autentik dan belum pernah diterbitkan dalam berkala ilmiah lain atau buku bunga rampai. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris baku dengan spasi 1,5 cm pada kertas A4 dan dikirim ke alamat email:palapa.ejournal@yahoo.com. Panjang tulisan adalah 20-25 halaman atau 7000 s.d 9000 kata. Artikel paling lambat diserahkan dua bulan sebelum jurnal diterbitkan. Menyertakan abstrak dalam bahasa Inggris maksimal 200 kata; pada setiap abstrak disusul dengan kata kunci (keyword).


    Alamat Redaksi: Jl. Palapa 01 Selebung Keruak Lombok Timur Nusa Tenggara Barat Telp/fax: 0376-2923923.


    p-ISSN 2338-2325


    e-ISSN 2540-9697

  • AL-ITTIHAD: Jurnal Pemikiran dan Hukum Islam

    Al-Ittihad adalah Jurnal Pemikiran dan Hukum Islam, terbit 2 kali se-tahun oleh Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M) STIS Al-Ittihad Bima sejak tahun 2015. Redaksi menerima tulisan yang terkenaan dengan Pemikiran dan Hukum Islam dan redaksi berhak mengedit tulisan sepanjang tidak mereduksi substansi.

    Alamat:

    Jalan Gajah Mada Lingkungan Nusantara Kota Bima Telp. (0374) 646042 E_mail: jurnal.alittihad@gmail.com; www.stisbima.ac.id
  • TAFAQQUH: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Dan Ahwal Syahsiyah

    TAFAQQUH: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah dan Ahwal Syahsiah diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Darul Falah Mataram (STIS DAFA). Jurnal ini memuat kajian-kajian tentang ilmu syariah yang meliputi sharî‘ah, pemikiran Islam, ekonomi, dan kajian Islam lainnya. Terbit dua kali dalam setahun, yaitu setiap bulan Juni dan bulan Desember.


    Redaksi mengundang para akademisi, dosen, maupun peneliti untuk berkontribusi memasukkan artikel ilmiahnya yang belum pernah diterbitkan oleh jurnal lain. Naskah diketik dengan spasi 1,5 cm pada kertas ukuran A4 dengan panjang tulisan antara 10-15 halaman, 3500-5500 kata. E-journal ini merupakan versi online dari edisi cetak TAFAQQUH yang diterbitkan Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Darul Falah Mataram (STIS DAFA)


    Alamat Redaksi: Jl. Banda Seraya 47 Pagutan Mataram kode pos 83117


    Email: stisdafa@gmail.com.

  • AL-Muta'aliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah


    Muta’aliyah   merupakan Jurnal Pendidikan Islam (JPI)  di rencanakan akan terbit 1 kali setahun dengan fokus  kajian Studi Pendididkan Islam secara komprehensif, Jurnal ini di harapkan mampu menjadi ruang kontemplasi dan perenungan pemikiran Pendidikan Islam secara kritis  bagi semua kalangan yang memiliki perhartian dan konsen dengan isu-isu Pendidikan Klasik dari masa klasik – modern.


    Tim Redaksi Jurnal Muta’aliyah  akan menerima tulisan dari Dosen STAI DK ataupun Dosen dari Luar dan Pemerhati pendidikan Islam  dengan topik yang sesuai dengan fokus kajian Mu’addib. Untuk sementara waktu Jurnal ini akan dikelola oleh Prodi PGMI sampai terbentuknya lembaga Kajian Masyarakat.  (LKIM) STAI Darul Kamal


    Alamat Redaksi : Lingkungan Yayasan Darul Kamal NW Kampus STAID Kembang kerang Daya kec, Aikmel Lombok Timur NTB Indonesia Kode Post : 83653, HP : 081803750014 dengn Email : akademikstaid@gmail.com

  • Jurnal Al-Amin: Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan

    Jurnal Al-Amin:Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan PISSN : 2527-4155 | EISSN : 2527-6557. 

    Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) STAI al-Amin, Gersik, Kediri, Lombok Barat. Jurnal ini memuat segala kajian-kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu bulan Juni dan Desember.

    Dengan ini kami Tim redaksi mengajak para Dosen, Peneliti, Pemerhati Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan untuk berkontribusi mengirimkan Karya Ilmiahnya, baik berupa Jurnal, Review Buku, ataupun Laporan Penelitian yang murni merupakan karya sendiri, bukan hasil plagiat dari karya tulis lainnya serta belum pernah dipulikasikan sebelumnya.

    Tulisan berjumlah 10 s/d 20 halaman dengan ukuran kertas A4 (kuarto) dan spasi 1,5pt. Penyerahan naskah tulisan dapat dikirim via email.

    Kerangka tulisan mencakup judul, abstraksi, kata kunci, isi atau pembahasan, kesimpulan, saran dan Daftar Pustaka.

    Abstrak menggunakan Bahasa Indonesia yang jelas dengan panjang antara 150 sampai dengan 300 kata  (tidak lebih dari 1 halaman), dan spasi 1pt. yang terdiri dari latar belakang penelitian, metode penelitian, analisis, dan kesimpulan. Kata kunci terdiri dari 3-5 kata, dapat berbentuk kata atau frase. Sedangkan karya tulisan yang berbentuk Artikel harus menggunakan referensi.

    Naskah yang masuk akan dievaluasi oleh Tim Reviewer dan Editor Jurnal Al-Amin. Tim Reviewer dan Editor dapat melakukan perubahan secara sepihak pada format penulisan jika terdapat tulisan yang tidak sesuai, tanpa merubah substansinya.

     

    Alamat Redaksi:

    Sekretariat LP2M STAI al-Amin, Gersik, Kediri, Lombok Barat

    Jl. TGH. Abdul Karim, Gersik, Kediri, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Email: alaminjournals@gmail.com

  • Kreatif : Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam

    Kreatif : Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam (ISSN : 0216 - 7794) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAI Muhammadiyah Bima. Jurnal ini memuat kajian-kajian keislaman yang meliputi Studi Pemikiran pendidikan Agama Islam. Terbit dua kali setahun, yaitu bulan Juni dan Desember.

    Redaksi mengundang para akademisi, dosen, maupun peneliti untuk berkontribusi memasukkan artikel ilmiahnya, baik berupa Hasil penelitian, artikel, book review jurnal penelitian yang merupakan produk ilmiah orisinal dan belum pernah dipulikasikan di media manapun.

    Jumlah halaman tulisan antara 10 sampai dengan 15 halaman dengan ukuran kertas kuarto A4 dan spasi tunggal. Penyerahan naskah tulisan bisa berupa hasil print out  ataupun soft copy yang dikirim lewat email jurnal kreatif.

    Kerangka tulisan mencakup judul, abstraksi, kata kunci, isi atau pembahasan, kesimpulan, saran dan kritik (jika ada)

    Abstraksi berisikan inti permasalahan, dengan panjang antara 200 sampai dengan 300 kata  (tidak lebih dari 1 halaman). Kata kunci dapat berbentuk kata atau frase. Tulisan yang berbentuk artikel harus menggunakan referensi demikianpun tulisan lainnya. Susunan daftar pustaka : nama, tahun.  “Judul Buku”, tempat: penerbit. Susunan footnote: nama . “judul buku”. (tempat: penerbit, tahun) halaman.

    Naskah yang masuk akan dievaluasi oleh dewan redaksi dan mitra bestari. Redaktur dapat melakukan perubahan pada tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengubah substansinya.

    Alamat Redaksi: Jalan Anggrek No.16 Ranggo Kelurahan Na'e Kota Bima -NTB, Telp. (0374) 44646/085328119591, Email: jurnalkreatifstaim@gmail.com

    E-journal ini merupakan versi online dari edisi cetak Jurnal Kreatif yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima.

  • Ulul Albab: Jurnal Dakwah dan Pendidikan


    Ulul Albab: Jurnal Dakwah dan Pendidikan (ISSN : 2355-1690) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) STID Mustafa Ibrahim Al-Ishlahuddiny. Jurnal ini memuat kajian-kajian keislaman yang meliputi Kajian Dakwah, Pendidikan. Terbit dua kali setahun, yaitu bulan Januari-Juli dan Agustus-Desember.


    Redaksi mengundang para akademisi, dosen, maupun peneliti untuk berkontribusi memasukkan artikel ilmiahnya, baik berupa Hasil penelitian, artikel, book review jurnal penelitian yang merupakan produk ilmiah orisinal dan belum pernah dipulikasikan di media manapun.


    Jumlah halaman tulisan antara 10 sampai dengan 15 halaman dengan ukuran kertas kuarto A4 dan spasi tunggal. Penyerahan naskah tulisan bisa berupa hasil print out  ataupun soft copy yang dikirim lewat email jurnal kreatif.


    Kerangka tulisan mencakup judul, abstraksi, kata kunci, isi atau pembahasan, kesimpulan, saran dan kritik (jika ada)


    Abstraksi berisikan inti permasalahan, dengan panjang antara 200 sampai dengan 300 kata  (tidak lebih dari 1 halaman). Kata kunci dapat berbentuk kata atau frase. Tulisan yang berbentuk artikel harus menggunakan referensi demikianpun tulisan lainnya. Susunan daftar pustaka : nama, tahun.  “Judul Buku”, tempat: penerbit. Susunan footnote: nama . “judul buku”. (tempat: penerbit, tahun) halaman.


    Naskah yang masuk akan dievaluasi oleh dewan redaksi dan mitra bestari. Redaktur dapat melakukan perubahan pada tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengubah substansinya.


    Alamat Redaksi: Kompleks Ponpes Al-Ishlahuddiny Jalan TGH. Ibrahim Al-Khalidy Kediri Lombok Barat-NTB, Telp./Faks (0370) 672844/081907966636, Email: ululalbab.jurnal@yahoo.com


    E-journal ini merupakan versi online dari edisi cetak Jurnal Kreatif yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) STID Mustafa Ibrahim Al-Ishlahuddiny.


  • El Huda, IAIH Qomarul Huda Bagu NTB

    El Huda: Jurnal Pengembangan Studi-Studi Islam; IAIH Qomarul Huda Bagu NTB

  • Al-Furqan

    alfurqan: STAI Al Amin Dompu, NTB

  • Al-Ittisholi : Jurnal Komunikasi Islam

    AL-Ittisoli   merupakan Jurnal Pendidikan Islam (JPI)  di rencanakan akan terbit 1 kali setahun dengan fokus  kajian Studi Pendididkan Islam secara komprehensif, Jurnal ini di harapkan mampu menjadi ruang kontemplasi dan perenungan pemikiran Pendidikan Islam secara kritis  bagi semua kalangan yang memiliki perhartian dan konsen dengan isu-isu Pendidikan dari masa klasik sampai modern

  • FONDATIA

    FONDATIA: Jurnal pendidikan dasar diterbitkan oleh lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LP2M) STIT Palapa Nusantara Lombok Nusa Tenggara Barat melalui Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah IV Surabaya. Jurnal ini terbit enam bulanan yaitu bulan Maret dan Agustus. Jurnal ini memuat kajian-kajian tentang pendidikan dasar Islam dan umum meliputi Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Sekolah Dasar dan Pendidikan lanjutan Pertama. Redaksi mengundang para akademisi, dosen, maupun peneliti untuk berkontribusi dalam jurnal ini. Artikel adalah karya autentik dan belum pernah diterbitkan dalam berkala ilmiah lain atau buku bunga rampai. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris baku dengan spasi 1,5 cm pada kertas A4 dan dikirim ke alamat email:pgmistitpn@gmail.com Panjang tulisan adalah 20 halaman atau 7000 kata. Artikel paling lambat diserahkan dua bulan sebelum jurnal diterbitkan. Menyertakan abstrak dalam bahasa Inggris maksimal 200 kata; pada setiap abstrak disusul dengan kata kunci (keyword).


    Alamat Redaksi: Jl. Palapa 01 Selebung Keruak Lombok Timur Nusa Tenggara Barat Telp/fax: 0376-2923923.


    e-ISSN: 2579-6194

  • Al-Irfani : Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan tafsir

    Pada edisi perdana, Vol. 1, No. 1, Januari-Juni 2011, Jurnal Studi Tafsir Hadis, menampilkan artikel-artikel yang berkaitan tentang kritik Hadis baik dari segi matan maupun sanad, masing-masing ditulis oleh Zulyadain, SS., MA. Khairul Hammi, S.ThI. Munawir Haris, M.S.I, sedangkan materi tentang perempuan yang ditulis oleh Muazzatun Adawiyah, M.S.I., dan Siti Nurul Khaerani. H. Bustami Saladin, MA., Sebagai penutup adalah artikel tentang Muhkam-Mutasyabih ditulis oleh Nursyamsu, M.Ud. Berisi pandangan para ulama yang kontroversi dalam hal ayat al-Qur’an yang Muhkan dan Mutasyabih. Di akhir pembahasan membahas Pluralisme Menurut al-Qur’an dan al-Hadis yang ditulis oleh Dr. Abdul Quddus, MA. Demikian sekilas ulasan team redaksi, semoga bermanfaat, dengan penuh harapan jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Tafsir Hadis STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, Lombok Timur, mampu menumbuhkan minat untuk menulis dikalangan akademisi khususnya yang bertarik dengan studi al-Qur’an dan al-Hadis. Kepada semua pihak yang telah membantu dalam penerbitan jurnal ini baik moril maupun materil, kami ucapkan banyak terima kasih. Semoga Allah yang maha pengasih dan penyayang memberikan imbalan yang setimpal. Amin.
    Kami mengundang para sarjana, cendekiawan pemerhati untuk menulis dalam menulis di jurnal ini. Karena jurnal ini masih dalam tahap learning process (proses belajar) dan becoming process (proses menjadi), kritikan dan saran yang konstruktif sangat dibutuhkan. Atas segala kekurangan dalam edisi perdana ini kami mohon maaf yang setulus-tulusnya
    Alamat Redaksi : Lingkungan Yayasan Darul Kamal NW Kampus STAID Kembang kerang Daya kec, Aikmel Lombok Timur NTB Indonesia Kode Post : 83653, HP : 08172397429 dengn Email : akademikstaid@gmail.com

1 - 18 of 18 items