UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA DALAM MEMAHAMI WACANA TERTULIS BAHASA ARAB MELALUI PENERAPAN TEKNIK DEMONSTRASI DAN ASOSIASI PADA SISWA DI MTS NW SELEBUNG KETANGGE TAHUN 2021

  • Safarudin Safarudin
Keywords: penguasaan kosakata, wacana tertulis, teknik demonstrasi dan asosiasi.

Abstract

Penguasaan kosakata siswa Mts NW Selebung Ketangge masih rendah. Hal ini disebabkan oleh faktor intern siswa yang kurang tertarik pada pembelajaran bahasa Arab dan berlanjut pada kesulitan siswa dalam memahami wacana tertulis bahasa Arab. Kesulitan yang dihadapi siswa itu ditandai dengan beberapa hal seperti siswa kesulitan menemukan ide wacana, merespon pertanyaan tentang wacana, menerapkan kosakata yang terkalit dalam kalimat karena minimnya penguasaan kosakata. Pembelajaran pemahaman  wacana  tertulis  banasa Arab yang cenderung masih bersifat teoretis informatif, bukan apresiatif produktif juga mempengaruhi proses kreatif siswa, sehingga mengakibatkan  kemampuan  apresiasi  dan kemampuan penguasaan kosakata kurang maksimal. Peningkatan penguasaan kosakata untuk memahami wacana tertulis bahasa Arab perlu dilakukan dengan teknik yang berdaya guna. Melalui teknik demonstrasi  dan  asosiasi  diharapkan  menjadi teknik yang tepat guna dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa Mts NW Selebung Ketangge. Permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini adalah bagaimana proses penguasaan kosakata untuk memahami wacana tertulis bahasa Arab melalui penerapan teknik demonstrasi dan asosiasi pada siswa Mts NW Selebung Ketangge tahun 2021. Seberapa besar peningkatan penguasaan kosakata siswa Mts NW Selebung Ketangge setelah menggunakan teknik demonstrasi dan asosiasi serta bagaimana peribahan perilaku belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran proses penguasaan kosakata untuk memahami wacana tertulis siswa,  peningkatannya  dan untuk mendeskripsikan perubahan perilaku siswa Mts NW Selebung Ketanggesetelah mengikuti pembelajaran penguasaan kosakata untuk memahami wacana bahasa Arab menggunakan teknik demonstrasi dan asosiasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap  Siklus I dan Siklus II dengan subjek  penelitian siswa  Mts NW Selebung Ketangge tahun 2021. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen nontes berupa pedoman observasi, wawancara, pedoman angket dan dokumentasi foto. Analisis datanya meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran penguasaan kosakata untuk memahami wacana tertulis bahasa Arab melalui teknik deonstrasi dan asosiasi, maka nilai rata-rata siswa Mts NW Selebung Ketangge mengalami peningkatan sebesar 8.80%. pada siklus I pertemuan pertama mendapatkan nilai rata-rata sebesar 78.33 dan 83.42 pada pertemuan kedua. Maka diperoleh hasil prosentase peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 6.50%. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama diperoleh nilai rata- rata sebesar 84.13 dan 93.46 pada pertemuan kedua. Maka diperoleh hasil prosentase peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II adalah sebesar 11.09%. Sikap dan perilaku siswa juga menunjukkan perubahan yang positif. Siswa lebih tertarik dan antusias dalam pembelajaran penguasaan kosakata  untuk memahami wacana tertulis bahasa Arab. Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik demonstrasi dan asosiasi mampu meningkatkan penguasaan kosakata untuk memahami wacana tertulis bahasa Arab siswa Mts NW Selebung Ketanggetahun  2021. Saran yang dapat peneliti sampaikan  adalah  guru  hendaknya  mampu memilih teknik dan media yang tepat guna dalam Di dalam  pembelajaran Bahasa Arab, khususnya pada penguasaan kosakata untuk memahami wacana tertulis, guru seyogyanya lebih kreatif menggunakan teknik pembelajaran  yang  melibatkan peran aktif siswa, sehingga suasana kelas lebih menyenangkan. Siswa harus selalu dilibatkan dalam pembelajaran penguasaan kosakata untuk memahami wacana tertulis sehingga siswa tidak merasa bosan dengan mata pelajaran Bahasa Arab.
Published
2021-10-16
How to Cite
Safarudin, S. (2021). UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA DALAM MEMAHAMI WACANA TERTULIS BAHASA ARAB MELALUI PENERAPAN TEKNIK DEMONSTRASI DAN ASOSIASI PADA SISWA DI MTS NW SELEBUNG KETANGGE TAHUN 2021. Moralitas : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2), 91-108. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/Moralitas/article/view/4727

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.