STRES PADA MAHASISWA PENULIS SKRIPSI

  • Khaeru Kurniawan Putra
Keywords: Stres, Mahasiswa, Penulis Skripsi

Abstract

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus, pengumpulan datanya dengan wawancara dan analisis datanya secara kualitatif. Dalam penelitian ini ada satu subyek seorang mahasiswa tingkat akhir yang waktu studinya hampir selesai dan kini ia terjebak dalam tugas akhirnya yaitu skripsi, skripsi yang tak kunjung selesai karena adanya beberapa faktor yang menghambat membuat ia menjadi stres. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres terjadi karena mahasiswa penulis skripsi tidak mampu mengatasi kesulitan-kesulitan yang ditemui dalam proses penyusunan skripsi. Stres yang dialami mahasiswa termasuk stres negatif sebab memberi dampak buruk pada diri mahasiswa tersebut. Stres yang dialami mahasiswa nampak pada segi fisik, emosional, kognitif, dan interpersonal. Sedangkan faktor penyebab stres pada mahasiswa penulis skripsi terdiri atas dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi, kemampuan atau kecerdasan seseorang. Sedangkan faktor eksternal meliputi; tuntutan kampus, keluarga, dan keuangan.
Published
2021-10-16
How to Cite
Putra, K. K. (2021). STRES PADA MAHASISWA PENULIS SKRIPSI. Moralitas : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2), 44-53. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/Moralitas/article/view/4730

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.