PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA DINI

  • lalu iswandi
Keywords: Peran, Guru, Motivasi, Konsentrasi, Belajar

Abstract

Motivasi belajar peserta didik merupakan salah satu faktor penting untuk mencapai keberhasilan belajar. Motivasi merupakan dorongan yang muncul dari diri seseorang untuk melakukan sesuatu agar mencapai tujuan. Motivasi berfungsi meningkatkan usaha peserta didik untuk belajar dan berprestasi. Motivasi yang baik dalam belajar dapat mengembangkan aktivitas, inisiatif dan ketekunan peserta didik dalam belajar. Selain motivasi, konsentrasi belajar juga sangat penting untuk ditingkatkan. Konsentrasi adalah pemusatan pemikiran kepada suatu objek tertentu. Semua kegiatan membutuhkan konsentrasi, dengan konsentrasi kegiatan tersebut dapat dikerjakan lebih cepat dan hasil yang diperoleh bisa lebih baik. Oleh karena itu konsentrasi dalam proses belajar mengajar sangat penting dan perlu dilatih. Faktor-faktor pendukung peningkatan motivasi dan konsentrasi anak dalam kegiatan pembelajaran yaitu keterampilan, kreatif dan inovatif guru dalam mengajar, serta dibutuhkan bimbingan konsling untuk anak agar guru mengetahui apa yang diinginkan seorang anak. Selanjutnya, hambatan-hambatanya adalah kurangnya kerjasama antara guru dengan kepala sekolah dalam menagangani setiap permasalahan yang dialami oleh anak, sarana prasarana yang kurang, tempat dan lingkungan yang sangat kecil. Sebagai alternatif dari hambatan-hambatan tersebut adalah kerjasama seorang guru dan kepala sekolah harus ditingkatkan, guru harus lebih proaktif dalam mengajar dan penataan lingkungan sekolah yang baik
Published
2019-04-20

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.