MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN MELEMPAR DAN MENANGKAP BOLA DI PAUD SITI AISYAH MASBAGIK UTARA

  • wawan kurnia utama
Keywords: Motorik Kasar, Anak Usia Dini, Melempar Dan Menangkap

Abstract

Motorik kasar adalah gerakan yang menggunakan otot-otot besar, sebagian besar menggunakan anggota tubuh tertentu, misalnya kemampuan melempar dan menagkap. Kemampuan motorik kasar melibatkan gerakan yang di atur secara tepat. Adapun permainan yang dapat meningkatkan motorik kasar yaitu melaui permainan melempar dan menangkap bola. Melalui permainan ini diharapkan kemampuan motorik anak dapat meningkat. Penelitian ini bertempat di PAUD Siti Aisah Repok Masbagik Utara Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian melibatkan sisa siswi B2 yang berjumlah 15 siswa. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan ialah metode observasi sebagai metode pokok, metode dokumentasi sebagai metode penunjuang, serta metode wawancara di gunakan untuk mengklarifikasi dari hasil observasi motorik kasar anak usia dini melalui melempar dan menangkap bola. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa di Paud Siti Aisah Repok Masbagik Utara Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur permaainan melempar dan menangkap boladapat meningkatkan motorik kasar pada anak di lihat dari peningkatan motoriknya dari pertemuan pertama, dan pelaksanannya mengikuti cara bermain yang baik yang sudah di beritahukan oleh guru sebelum memulai permainan.
Published
2019-04-20

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.