PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI PENDAPATAN NASIONAL DI KELAS XI IPS 5 SEMESTER 1 TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Keywords:
Pembelajaran Debat Aktif, Prestasi Belajar dan Pendapatan Nasional
Abstract
Peneitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dengan pendekatan debat aktif di kelas XI. IPS.5 semester 1 tahun pembelajaran 2019 - 2020 di SMAN 1 Terara, Lombok Timur, NTB. Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diperoleh hasil bahwa: Aktivitas belajar dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Aktivitas pembelajaran tidak lagi terpusat pada seorang guru, melainkan terpusat kepada siswa. Evaluasi pembelajaran siklus 1 dengan ketentuan kriteria ketuntasan minimal 75 yang mencapai nilai tuntas sebanyak 12 siswa atau sebesar 35%. Pada siklus 1 siswa yang tidak tuntas sebanyak 22 atau 65%. Siklus I yang memperoleh nilai tertinggi sebanyak 1 siswa dengan nilai 90. Evaluasi pembelajaran siklus II yang mencapai nilai tuntas sebanyak 31 siswa atau sebesar 81%. Siklus II siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 atau 9%. Siklus II yang memperoleh nilai tertinggi 12 siswa atau 32% dengan nilai 90 dan terendah dengan nilai 50 sebanyak 1 siswa
Published
2019-10-21
Section
Articles