PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI PENDAPATAN NASIONAL DI KELAS XI IPS 5 SEMESTER 1 TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

  • Marsono Marsono
Keywords: Pembelajaran Debat Aktif, Prestasi Belajar dan Pendapatan Nasional

Abstract

Peneitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dengan pendekatan debat aktif di kelas XI. IPS.5 semester 1 tahun pembelajaran 2019 - 2020 di SMAN 1 Terara, Lombok Timur, NTB. Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diperoleh hasil bahwa: Aktivitas belajar dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Aktivitas  pembelajaran  tidak  lagi terpusat  pada  seorang  guru,  melainkan terpusat  kepada siswa. Evaluasi pembelajaran siklus 1 dengan ketentuan kriteria ketuntasan minimal 75 yang mencapai nilai tuntas sebanyak 12 siswa atau sebesar 35%. Pada siklus 1 siswa yang tidak tuntas sebanyak 22 atau 65%. Siklus I yang memperoleh nilai tertinggi sebanyak 1 siswa dengan nilai 90. Evaluasi pembelajaran siklus II yang mencapai nilai tuntas sebanyak 31 siswa atau sebesar 81%. Siklus II siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 atau 9%. Siklus II yang memperoleh nilai tertinggi 12 siswa atau 32%  dengan nilai 90 dan terendah dengan nilai 50 sebanyak 1 siswa
Published
2019-10-21

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.