K KAJIAN AKSIOLOGI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SEJARAH PERANG UHUD

  • Samsul Hakim

Abstract

Pembelajaran sejarah  tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam sejarah Islam sering kali hanya sebatas pengetahuan belaka. Peristiwa perang Uhud misalnya seringkali dipahami hanya sebatas pengetahuan atas sebuah peristiwa yang pernah terjadi pada masa Rasulullah SAW. Padahal dalam sejarah perang Uhud terdapat banyak nilai-nilai pendidikan yang sangat bermakna dalam kehidupan seorang muslim dan salah satunya adalah nilai pendidikan akhlak. Pemahaman yang mendalam terhadap makna yang tersirat maupun tersurat dalam kisah tersebut  erat kaitannya dengan pembentukan akhlak seorang muslim, Pemahaman yang mendalam terhadap nilai-nilai pendidikan tersebut dapat dikaji dari banyak perspektif dan salah satunya adalah dari persfektif aksiologi yang merupakan salah satu cabang filsafat yang membahas kegunaan dari sebuah pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Akhlak yang terdapat dalam sejarah perang Uhud. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan filosofis. Analisis dalam penelitian ini menggunakan menggunakan Content Analysis atau Analisis Isi. Yakni melakukan identifikasi, klasifikasi dan  analisis secara mendalam terhadap setiap informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber baik primer maupun sekunder sehingga ditemukan sebuah kesimpulan mengenai permasalahan yang dibahas. Berdasarkan hasil penelitian dan analis data dalam penelitian ini didapat kesimpulan bahwa: Dalam kisah perang Uhud terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak yang dapat digunakan sebagai acuan dan pedoman seorang muslim dalam kehidupannya yang meliputi nilai-nilai pendidikan akhlak seorang Hamba Kepad Allah SWT, Akhlak seorang pemimpin kepada yang umatnya, Akhlak seorang Muslim kepada pemimpin dan akhlak terhadap sesama.  
Published
2019-07-01
How to Cite
Hakim, S. (2019). K KAJIAN AKSIOLOGI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SEJARAH PERANG UHUD. Al-Amin Journal: Educational and Social Studies, 4(2), 85-103. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alamin/article/view/3661

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.