N NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SHALAT

  • Azharullail Azharullail

Abstract

Nilai-nilai itu ada pada setiap prilaku yang ditunjukkan.Tidak terlepas juga bagi orang yang sedang dan sudah melaksanakan shalat.Nilai yang terkandung dalam shalat dapat dilihat dari banyak aspek, di antaranya nilai-nilai pendidikan, sosial dan politik.Ketiga aspek ini melebur dalam personal orang yang shalat.Shalat apabila dijelaskan dari sudut pandang vertikal yaitu nilai esoteris (teks suci) dipahami sebagai media komunikasi antara “hamba” dengan “Khaliq”. Tujuannya adalah sebagai bukti ketaatan hamba dengan perintah sakral Tuhan, karena salah satu tugas seorang muslim sejati adalah menghambakan diri kepada Sanag Maha Kuasa sebagaimana yang telah ditetap dalam syari’at. Disatu sisi shalat apabila dijelaskan dari sudut pandang sosial-politik (eksoteris) memiliki banyak nilai-nilai yang terkadung di dalamnya yang nantinya sebagai acuan untuk mencari jawaban atas problematika kehidupan yang sudah mulai bergeser kearah disintegrasi moral (dekadensi moral).Sikap dan gerakan dalam shalat dilakukan dengan tertib namun diluar shalat ternyata masih tidak tertib. Shalat ternyata tidak hanya mengajarkan tentang kepatuhan kepada Sang Pencipta, tapi di aspek lain mengajarkan kepatuhan kepada sesama manusia. Salah satu nilai sosial-politik dalam shalat adalah antara imam dan makmun terjadi kerja sama yang sangat teratur, adil, disiplin, jujur dantoleransi.
Published
2019-07-01
How to Cite
Azharullail, A. (2019). N NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SHALAT. Al-Amin Journal: Educational and Social Studies, 4(2), 72-84. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alamin/article/view/3668

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.