Meningkatkan Kemampuan Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa STAI Al-Amin Dompu melalui Desain dan Perencanaan Pembelajaran PAI

  • Abdul Haris
Keywords: Keterampilan dasar mengajar, Desain dan Perencanaan Pembelajaran PAI

Abstract

Dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan perlu didukung oleh desain atau perencanaan pembelajaran yang memadai yang dapat mengadopsi seluruh keterampilan mengajar. Dalam menyelenggarakan pembelajaran, guru atau calon guru seyogyanya membuka diri untuk menggunakan metode dan pendekatan yang variatif sesuai kebutuhan yang dapat mendukung keberhasilan dan  ketuntasan belajar yang ditandai oleh partisipasi dan keaktifan siswa. Untuk keperluan ini, guru perlu menguasai dan trampil menerapkan keterampilan dasar mengajar secara utuh dan terintegrasi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah kemampuan mengaplikasikan keterampilan dasar mengajar pada pembelajaran PAI bagi mahasiswa Progam Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAI Al-Amin Dompu tahun 2015/2016 dapat ditingkatkan melalui kegiatan desain dan perencanaan pembelajaran PAI?†Untuk melakukan pengkajian sebagaimana permasalahan penelitian, maka penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian tindakan. Proses pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini berlangsung dalam tiga siklus. Pelaksanaan tindakan dari siklus I, siklus II hingga siklus III didasarkan pada refleksi dan temuan-temuan sebab akibat dalam kaitannya dengan penerapan keterampilan dasar mengajar selama kegiatan micro teaching dengan panduan desain dan perencanaan yang disusun oleh mahasiswa. Kegiatan penerapan keterampilan dasar mengajar melalui desain pembelajaran yang ditandai melalui kegiatan micro teaching hingga siklus III ternyata mampu memberikan hasil maksimal seperti diharapkan berdasarkan kriteria keberhasilan tindakan. Secara kuantitatif diperoleh rata-rata skor keterampilan dasar mengajar sebesar 93,33, di mana semua mahasiswa memperoleh rata-rata skor di atas kriteria keberhasilan tindakan. Oleh sebab itu pelaksanaan tindakan dinyatakan berhasil.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan, Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Atwi Suparman, 1997. Desain Instruksional. Jakarta : PAU-PPAI Universitas Terbuka
Dadang Sukirman. (2011). Makalah Keterampilan Dasar Mengajar. (online). http://aniendriani.blogspot.com/2011/03/indicator-minat-belajar.html. (21 Maret 2011)
Dick, Walter, Lou Carey., & James O. Carey. 2003. The Systematic Design Of Instruction. Library of Congress Cataloging-in-Publication Data. Addison –Welswey Educational Publisher Inc.
Hamalik, Oemar, (2001), Proses Belajar Mengajar , Jakarta : Bumi Aksara
Hamzah B. Uno. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah.B.Uno. (2008). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hasibuan. 1994. Proses Belajar Mengajar: Keterampilan Dasar Pengajaran Mikro. Bandung: Rosdakarya
Hudojo,H., (1988), Mengajar Belajar Matematika, Jakarta : Depdikbud
I Nyoman Sudana Degeng. 1997. Ilmu Pengajaran : Taksonomi Variabel. Jakarta : Depdikbud, Dirjen Dikti, P2LPTK
J.J. Hasibuan & Moedjiono. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Johnson, David W., Roger T Johnson., & Edythe Johnson Holubec. 1994. Cooperative Learning in the Classroom. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development
Marno & Idris. 2008. Strategi dan Metode Pengajara Menciptakan Keterampilan Mengajar yang Efektif dan Edukatif. Jakarta: Ar-Ruzz Media
Moh.Uzer Usman. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Morrison, Gary R., Steven M. Ross, & Jerrold E. Kemp. (2004). Design effective instruction, (4th Ed.). New York: John Wiley & Sons
Purwanto. (2002). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Reigeluth, Charles M. 1999. Instructional Design : Theories and Model. London: Lowrence Earlbown Associates Publishers.
Robert M. Gagne, Marcy Parkins Driscoll. 1989. Essentials of learning for instructional. Florida: State University.
Sanjaya, Wina, (2008), Kurikulum Dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana
Sardiman, (1998), Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sirait, 2013. Penerapan Teori Belajar Penemuan Bruner Pada PB Sistem Persamaan Linear Di Kelas X SMA 1 Laguboti Thn 2012/2013. Skripsi.
Slameto. (2007). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka cipta.
Sri Anitah, 2009. Media Pembelajaran.Surakarta : UNS Press
Suharsimi Arikunto. (2006). prosedur penelitian suatu pendekatan praktek, Cetakan Ketigabelas.Jakarta: PT.Rineka Cipta
Supriatna & Mulyadi. 2009. Konsep Dasar Desain Pembelajaran. Jakarta : PPPPTK
Susiwi. 2011. Keterampilan Dasar Mengajar. (online). http://file.upi.edu/directori/FPMIPA/JUR.PEND.KIMIA/195109101980032 SUSIWI 17 keterampilan dasar mengajar.pdf/ (14 Maret 2011).
Suwarji S. 2011. Model-model Asesmen dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka
Suwarna, dkk. 2006. Pengajaran Mikro: Pendekatan Praktis dalam Menyiapkan Pendidik Profesional. Yogyakarta: Tiara Wacana
Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Syaiful Sagala. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung : Alfabeta
Uno, Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara
Wina S. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana
Winkel, (2010), http://belajarpsikologi.com/pengertian-belajar-menurut-ahli (Accessed 23 April 2012)
Winkel, W.S. 1989. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia
Winkel. W.S. (2007). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi
Zainal Asril. (2010). Micro Teaching.Jakarta: Rajawali Pers.
Published
2016-02-29
How to Cite
HARIS, A. Meningkatkan Kemampuan Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa STAI Al-Amin Dompu melalui Desain dan Perencanaan Pembelajaran PAI. AL-FURQAN, v. 4, n. 2, p. 94-120, 29 Feb. 2016.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.