Dinamika Pemikiran Pendidikan Islam dalam Persyarikatan Muhammadiyah

(Telaah Pemikiran Abdul Munir Mulkhan)

  • Nurul Fauziah
Keywords: Dinamika, Pemikiran, Pendidikan Islam, Persyarikatan Muhammadiyah, Abdul Munir Mulkhan

Abstract

Penelitian ini dilatar  belakangi oleh adanya Pemikiran Pendidikan Islam yang menjadi sarana efektif untuk membantu peserta didik dalam upaya mengangkat, mengembangkan dan mengarahkan potensi pasif yang di milikinya menjadi aktif yang dapat teraktualisasi dalam kehidupannya secara maksimal. Pendidikan Islam bukan sarana yang berfungsi sebagai indoktrinasi pembentukan corak dan warna kepribadian, melainkan menjadi sarana yang efektif bagi terciptanya pengembangan kepribadian manusia ( muslim ) seutuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pemikiran pendidikan Islam menurut  Abdul Munir Mulkhan.(2) dinamika arah pemikiran pendidikan Islam Abdul Munir Mulkhan.(3) faktor-faktor yang mempengaruhi dinamika pemikiran pendidikan Islam Abdul Munir Mulkhan. Pemikiran pendidikan Islam merupakan komponen terpenting untuk membentuk dan mewarnai corak hidup masyarakat. Pendidikan Islam sangat penting bagi umat Islam karena dapat mempelajari ilmu pengetahuan dan yang lainnya. Abdul Munir Mulkhan mengatakan Pendidikan Islam harus memberi kesempatan atau peluang kepada semua orang di semua zaman untuk terlibat langsung dalam  pendidikan Islam guna mengembangkan dirinya. Oleh karena itu pendidikan Islam harus memberi kewenangan kepada manusia untuk memikirkan dan menjalankan pemahamannya tentang Islam diatas prinsip keterbatasan dan kemampuan manusia tersebut. Selama ini pendidikan Islam di anggap tidak demokratis, karena hanya sekedar transfer of knowledge atau transfer of value. Sehingga murid hanya sekedar menerima nilai-nilai yang sudah ada tanpa bisa berfikir kritis dalam mengembangkan dirinya. Untuk itu pendidikan Islam haruslah pendidikan yang bisa memberikan kesempatan kepada semua murid untuk terlibat langsung dalam mengembangan pemikirannya, sehingga bisa menjadi manusia yang kritis dan kreatif. Dari beberapa pemikiran pendidikan Abdul Munir Mulkhan mengenai pendidikan Islam yang humanis, kritis, idealis, dan religius dapat memperkuat kerangka filosofis dan meningkatkan kualitas pelaksanaan pendidikan Islam

References

Abdul Munir Mulkhan “Kata Pengantar” dalam stevan M. Chan, Pendidikan Liberal Berbasis Sekolah, Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2002
__________________, Nalar Spritual Pendidikan solusi problem filosofis pendidikan islam.Yogyakarta: Tiara wacana, 2002.
__________________, Paradigma Intelektual Muslim: Pengantar Filsafat Pendidikan Islam dan Dakwah, Yogyakarta: Sipress, 1994
____________ _______, Humanisasi Pendidikan Islam, dalam Majalah Tashwirul Afkar, Edisi No. 11, 2001,hlm.18
___________________, Ideologisasi Gerakan Dakwah, (Yogyakarta : SIPRESS, 1996
___________________, Pendidikan Monokultur Versus Multikultural dalam Politik lihat http://abdulmunirmulkhan.blogspot.co.id/
___________________, Satu Tuhan Seribu Tafsir, Yogyakarta: Kanisius, 2007
Abuddin Nata, Metodologi Studi Islam Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004
Ahmad Syafii Maarif, al-Qur’an, Realitas Sosial, dan Limbo Sejarah, Bandung: Pustaka, 1995
Alqur’an., 58:11.
Cholid Narbuko dan Abu Ahmadi, Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Hamka, Lembaga Hidup, Jakarta: Djajamurni, 1962.
Joko Subagyo, Metode Penelitian dan Praktek, Jakarta: Rhineka Cipta, 1991
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda Karya, 2002
M. Amin Abdullah, Falsafah Kalam Era Postmodernisme, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
Mestika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004
Mukti Ali, Memahami Beberapa Aspek Ajaran Islam, Bandung: Mizan, 1991.
Noeng Muhajir, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Raka Sarasin, 2000
Nurhadi M.Munasir, Dinamika Pemikiran Islam dan Muhammadiyah, Yogyakarta: PP Muhammadiyah, 1997.
Ridjaluddin, Makalah Pemikiran Filasafat Pendidikan Islam K.H Ahmad Dahlan ( Pemecahkan Problema Pendidikan Bangsa), Jakarta: Lembaga Penelitian dan Pengembangan.
Safrudin Aziz, Pemikiran Pendidikan Islam kajian tokoh Klasik dan Kontemporer, Yogyakarta: Kalimedia, 2015.
Skripsi Pendidikan Sufistik (Telaah Pemikiran Prof. Dr. Abdul Munir Mulkhan, SU)
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2002
Suyanto dan Djihan Hisyam, Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Millenium III, Yogyakarta: Adicita, 2000
Syamsul kurniawan, Erwin mahrus, Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Tadjab, Dasar-dasar Kependidikan Islam Surabaya: Karya Aditama,1996.
Published
2018-08-31
How to Cite
FAUZIAH, N. Dinamika Pemikiran Pendidikan Islam dalam Persyarikatan Muhammadiyah: (Telaah Pemikiran Abdul Munir Mulkhan). AL-FURQAN, v. 7, n. 1, p. 13-32, 31 Aug. 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.