Internalisasi Nilai-Nilai PAI melalui Metode Pembiasaan pada Siswa MTs. Al-Kautsar Ranggo

  • Firmansyah Firmansyah
Keywords: Internalisasi Nilai-Nilai PAI, Metode Pembiasaan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, (Field Reseach) dengan metode deskriptif, dengan objek mengambil latar di MTs. Al-Kautsar Ranggo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Nilai-nilai PAI apa yang diinternalisasikan melalui metode pembiasaan pada siswa MTs. Al-Kautsar Ranggo mendeskripsikan pelaksanaan internalisasi nilai-nilai PAI melalui metode pembiasaan pada siswa MTs. Al-Kautsar Ranggo dan mendeskripsikan faktor pendudukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai PAI melalui metode pembiasaan pada siswa MTs. Al-Kautsar Ranggo. Hasil penelitian ini dalam menerapkan nilai-nilai PAI pada siswa MTs. Al-Kautsar Ranggo menggunakan metode pembiasaan dirasa cukup baik dan efektif. Penggunaan metode pembiasaan ini dilaksanakan di dalam kelas melalui materi PAI yang diajarkan. Sedangkan di luar kelas para siswa dibiasakan untuk shalat berjama’ah, shalat dhuha, membaca Al-Qur’an dan berakhlaqul karimah. Dalam pelaksanaannya masih butuh kesadaran pribadi para siswa dengan bimbingan dan pengawasan oleh guru maupun orang tua di rumah. Faktor pendukung internal  yaitu adanya kesadaran personal (individu) siswa tersebut dalam merespon kegiataan yang diadakan sekolah. Kemudian faktor pendukung eksternal siswa yaitu lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat yang, lingkungan pendidikan sehingga siswa cenderung terbiasa dalam ibadah dan akhlak yang baik kemudian sarana dan prasarana yang memadai. faktor penghambat secara internal  siswa yaitu masih adanya siswa yang pengetahuan kurang terhadap nilai-nilai PAI, kurang kesadaran sepenuhnya dari diri siswa itu sendiri Faktor eksternal lingkungan keluarga masih adanya orang tua  yang apatis terhadap perilaku anak, teman bermain atau pergaulan siswa

References

Abdul Majiddan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, (Bandung: PT. RemajaRosdakarya.
Abrasyi, M. Athiyah. 1990. Pendidikan Islam, Terj.: Bustami dan Johar Bahry. Jakarta: Bulan Bintang.
Asmani, 2001. Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press
Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif Pemahaman Filosofis dan Metodologis Ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: P.T. Raja Grafindo Persada.
Darajat, Zakiah. 2000. Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: PT. Bulan Bintang.
___________2006. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Agama RI. 2004. Al-Qur’an Al- Karim Dan Terjemahannya Kedalam Bahasa Indonesia, Riyadh: Kerajaan Saudi Arabiyah.
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
____________2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
____________2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka.
Gazalba, Sidi. 1975. Anzis Agama Islam. Jakarta; Bulan Bintang.
Ghazali. 1985. Ihya’ Ulumuddin Juz. I, Terj.: Ismail Yakub. Jakarta: CV. Faizan.
Moh. Yamin. 2009. Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Muhaimin. 2001. Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
_________. 2012. Paradigma Pendidikan Islam Bandung: Rosda Karya.
Salim, Peter dan Salim, Yeni. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: modern english press.
Ramayulis . 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Kalam Mulia.
Soekamto. 1975. pelajaran ekonomi dan koperasi: Sesuai Kurikulum SMA.
Suardi, Edi. 2001. Pedagogik 2, Bandung : Angkasa.
Tafsir, Ahmad. 2008. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT. Rosda Karya.
Zuhairini dkk, Abdul. 2004. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UM Press.
Published
2018-02-28
How to Cite
FIRMANSYAH, F. Internalisasi Nilai-Nilai PAI melalui Metode Pembiasaan pada Siswa MTs. Al-Kautsar Ranggo. AL-FURQAN, v. 6, n. 2, p. 1-12, 28 Feb. 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.