Penerapan Pola Pendidikan Pesantren dalam Mempercepat Penguasaan Siswa Memahami Alquran (Studi Kasus MSs Babussalam Lanci Satu Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu)

  • Fitriani Fitriani
Keywords: Pendidikan, Pesantren, Alquran

Abstract

Dalam proses belajar mengajar  membaca dan menulis Al-Qur’an, MTs Babussalam Lanci Satu Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu mempergunakan metode iqro’. Tujuan digunakannya metode ini adalah dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-qur’an bagi peserta cukup berhasil. kami selalu memberikan motovasi kepada peserta agar selalu berlatih membaca dan menulis Al-qur’an terutama di rumah. Pengajaran dasar Al-Qur’an pada umumnya kita dapati dua unsur yaitu  unsur mengajar dan unsur yang diajar. Kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan sebab berhasil tidaknya suatu usaha pengajaran itu banyak ditentukan oleh tenaga pengajar itu sendiri.  Antara keduanya harus ada hubungan timbal balik yang harmonis dengan mencapai semaksimal mungkin apa yang diinginkan. Sebagaimana kita mengetahui bahwa apa yang dicapai oleh setiap individu dari berbagai macam ilmu pengetahuan sedikit banyaknya berpengaruh terhadap kelangsungan setiap individu. Penerapan pola pendidikan pesantren yang terapkan pada MTs Babussalam Lanci Satu Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu dalam proses belajar mengajar khususnya dalam pembelajaran AL-Qur’an dipergunakan beberapa metode sesuai tingkat murid yang menerima pelajaran yaitu, metode halaqah, metode hadap satu persatu dan metode Klasikal.

References

Abdul Qadir Djaelani, Drs. Sistem Pendidikan Pondok Pesantren, CV. Badriyah, Bogotr, 1983.
Abu Zakariyah Yahya bin Syarif Annawawy, Riyadhus Shalihin, Alih Bahasa, H. Salim Bahreisy, PT Al Maarif, Bandung, 1987
Asmah Hasan fahmi, Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam, Terjemahan, Bulan Bintang Jakarta Tahun 1979.
Al Abras, Athiyah, MOh, Prof, Dra, Dasar-Dasar Pondok Pendidikan Islam, Jakarta, Bulan Bintang, 1979
Chirzin, Habib MOh, Pesantren dan Pembaharuan, Catakan I, Jakarta LP3S, 1974
D. Marimba Hamd, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, bandung, CV. Al Ma’arif, 1964
H. M. Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta, 1984
_____________, Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan Keluarga, Bulan Bintang, Jakarta, 1975
Lexy J Moleong, Penelitian Kualitatif, Remaja Rosda Karya, Bandung, 2002
Muslim Nurdin dkk, Moral dan Kognisi Islam, CV. Al Fabeta, Bandung, 1995
Oemar Muhammad At Toumy Al Syaibany, Filsafat Pendidikan Islam, Alih Bahasa, Dr Langgulung, Bulan Bintang, Jakarta, 1979
Prayetno, Drs. Pelayanan Bimbingan Dasar di Sekolah (dasr-dsar dan kemungkinan Pelaksanaan di Sekolah di Indonesia), Cetakan III, Ghalia Indonesia, Jakarta Tahun 1977
RI. Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahannya, PT. Bumi Restu, 1977
Tim Penyusun Standarisasi Pengajaran Agama Di Pondok Pesantren, 1980
Soeryabrata Soemardi, Psikologi Pendidikan, Jilid I Cetakan III, Yokyakarta, tahun 1970
Syarif Mustafa, Administrasi Pendidikan Pesantren, Jakarta, Proyek Pembinaan Pesantren Kepada Deartemen RI, Tahun 1981/1982
Tandjab dkk, Dasar Dasar Kependidikan Islam, Karya Abdi Tama, Surabaya, 1996
Razak Nasarudin, Dienul Islam, Cetakan I, PT. Al Ma’arif, Bandung, Tahun 1977
TAP MPR RI. No. IV/MPR.1978, GBHN (Garis-Garis Besar Haluan Negara) Jakarta, Yayasan Pelita, 1978
Zuharini dkk, Dasar dasar Kependidikan Islam, Karya Abdi Tama, Surabaya, 1996
Published
2018-02-28
How to Cite
FITRIANI, F. Penerapan Pola Pendidikan Pesantren dalam Mempercepat Penguasaan Siswa Memahami Alquran (Studi Kasus MSs Babussalam Lanci Satu Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu). AL-FURQAN, v. 6, n. 2, p. 13-27, 28 Feb. 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.