Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Mahasiswa STKIP Al-Amin Dompu pada Jurusan Pendidikan Biologi

  • Yeni Rahmawati
Keywords: Pengaruh, Rendahnya Motivasi Belajar

Abstract

Motivasi merupakan usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu, sehingga seseorang mau dan ingin melakukan sesuatu, dan bila tidak suka, maka akan berusaha untuk mengelak perasaan tidak suka tersebut. Motivasi belajar merupakan faktor psikis yang bersifat non-intelektual. Peranannya yang khas adalah dalam hal penumbuhan gairah, merasa senang, dan semangat untuk belajar. Mahasiswa yang mempunyai motivasi kuat, akan lebih tenang, akan lebih tekun untuk melakukan kegiatan belajar daripada mahasiswa yang sama sekali tidak memiliki motivasi belajar. Motivasi belajar mahasiswa tidak hanya dapat dirangsang dalam diri mahasiswa sendiri, tetapi biasanya dari faktor luar salah satunya adalah lingkungan di mana mahasiswa tersebut menuntut ilmu (Perguruan Tinggi). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Subyek penelitian sebagai sumber data adalah mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Al-Amin Dompu pada jurusan pendidikan Biologi. Teknik dalam pengumpulan data adalah pengamatan langsung/observasi partisipan, wawancara mendalam. Dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaksi (Milen & Huberman). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Al-Amin Dompu pada jurusan pendidikan Biologi, antara lain faktor dosen yang malas masuk (melakukan proses perkuliahan) maupun metode pembelajaran yang digunakan, kurangnya sarana dan prasarana yang memadai, kurangnya kegiatan yang diadakan di kampus. 2) Upaya mengatasi rendahnya motivasi belajar mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Al-Amin Dompu pada jurusan pendidikan Biologi yaitu a) Proses pembelajaran yang perlu dirubah, b) Pemberian tugas dikurangi, c) Dosen lebih melakukan pendekatan dengan mahasiswa, d) Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai

References

Arikunto, Suharsimin. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindar.
Miler, Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif (Terjemahan). Jakarta: UI Press.
Moleong, Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rahmawati, Yeni. 2011. Pengelolaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dalam Implementasi Kebijakan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) di SMA Negeri 1 Kota Malang. (Tesis). Universitas Muhammadiyah Malang.
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: rajawali Pers
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindar.
UU No. 14 tahun 2005 Pasal 1 Tentang Guru, Dosen, dan Guru Besar
Published
2018-02-28
How to Cite
RAHMAWATI, Y. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Mahasiswa STKIP Al-Amin Dompu pada Jurusan Pendidikan Biologi. AL-FURQAN, v. 6, n. 2, p. 28-33, 28 Feb. 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.