Pondok Pesantren: Lulusan Santri Beriman dan Profesional Berbasis Manajemen Sumber Daya Manusia

  • Ittihad Ittihad
Keywords: Pondok Pesantren, Beriman dan Profesional, Manajemen Sumber Daya manusia

Abstract

Mengembangkan budaya profesional di sekolah (madrasah) dilakukan dengan 1) menerapkan system penerimaan siswa baru yang ketat, 2) kegiatan orientasi sekolah pada siswa baru, 3) memberlakukan tata tertib sekolah/madrasah dan tugas kompensasi, 4) melaksanakan system pembelajaran yang mantap, dan 5) melaksanakan pemasaran lulusan. pada penelitian ini disaat banyak lembaga pendidikan mengalami penurunan peserta didik yang signifikan, justru Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani mengalami kenaikan santri. Dalam membekali masa depan santri, Ponpes Syaikh Zainuddin NW Anjani memberikan pelajaran agama, umum dan keterampilan. Penelitian tentang manajemen sumber daya manusia merupakan penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif. Kehadiran peneliti di lapangan  sebagai instrumen. penelitian di lakukan di Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data tulis yang bersumber dari dua macam yaitu: informan dan arsip (dokumen). Teknik pengumpulan data melalui wawancara (interview). Pengamatan (0besrvasi) dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Hasil penelitian bahwa karakteristik Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani menurut tipenya termasuk dalam pondok pesantren modernt yakni pondok pesantren kalafi, menurut tipe Pondok Pesantren tipe D. Implementasi manajemen sumber daya manusia pondok pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani dilakukan sebagai berikut: perencanaan dilakukan berdasarkan analisis trend, selanjutnya dirumuskan dalam bentuk perencanaan, pengorganisasian selanjutnya dilakukan pembagian tugas pengurus dan tenaga pendidik. Pelaksanaan meliputi: metode rekrutmen belum terbuka sehingga tidak ada seleksi. Orientasi belum dilaksanakan pada semua tenaga baru. Pelatihan untuk materi umum masih tergantung panggilan dari Kanwil Kemenag Kabupaten Lombok Timur. Pengendalian meliputi:penilaian baru menggunakan cara pendekatan individual. Kompensasi yang diberikan tidak sesuai dengan job analisis

References

Arikunto, 1998. Prosedur penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.
Danim, Sudarwan, 2008. Kinerja Staf Dan Organisasi, Perspektif Pendidikan, Pelatihan, Pengembangan, DanKewidyaiswaraan Berbasis kinerja. Bandung:CV. Pustaka Setia.
Dhofier, Zamakhsyari, 1994. Tradisi Pesantren, Study Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta:LP3S.
Fajar, Abdul Malik, 1999. Madrasah dan Tantangan Modernitas. Bandung: Mizan.
Gomes, Faustino, 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CV.Andi.
Hasbullah, 1996.Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan perkembangan. Jakarta: Raja Grafindo.
Hasibuan, Malayu,2009. Manajemen Dasar Pengertian dan Masalah. Jakarta: Edisi Revisi, Bumi Aksara.
Husaini Usman, 2009. Manajemen. Yogyakarta: Edisi 3, Bumi Aksara.
Makmun, 2009. Perencanaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nawawi, Hadari,2003.Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Notoatmojo, Soekijo , 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Ngalim, Abdul, 2010. Komunikasi Multiarah Dalam Manajemen Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah University Prees.
Rohiat, 2010. Manajemen Sekolah. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Edisi ke 10. Bandung: Alfabeta.
Sirait, 2006, Memahami Aspek-aspek Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Jakarta: PT Gramedia.
Tulus, 1993. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Gramedia.
Ziemek, Manfred, 1986. Pesantren dalam Perubahan Sosial. Jakarta: LP3M
Published
2018-08-31
How to Cite
ITTIHAD, I. Pondok Pesantren: Lulusan Santri Beriman dan Profesional Berbasis Manajemen Sumber Daya Manusia. AL-FURQAN, v. 7, n. 1, p. 33-42, 31 Aug. 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.