Pendekatan dalam Proses Belajar Perspektif Imam Al-Ghazali

  • Muhammad Amin
Keywords: Pendekatan, Belajar, Perspektif

Abstract

Pendekatan dalam proses belajar perspektif Imam al-Ghazali dalam kitab AyyuhÄ al-Walad fÄ« Nasīhati al-Muta‘allimÄ«n wa Maw‘izatihim Liya’lamÅ« wa Yumayyizū ‘Ilman NÄfi‘an min Gayrihi adalah pendekatan yang penuh dengan nuansa teosentris. Hal ini dibuktikan dengan pandangannya tentang belajar yang bernilai adalah apabila diniatkan untuk beribadah kepada Allah, dan motivasi dalam belajar harus demi menghidupkan syari’at Nabi dan menundukkan hawa nafsu. Kemudian, siswa juga harus memperhatikan kesucian jiwanya, dan karena itu, ia harus menelaah ilmu agama dan ilmu tauhid, perkataan dan perbuatannya harus sama dengan syara’, lebih memilih fakir dan menjauhi kehidupan dunia, ikhlas, tawakkal, dan tidak meninggalkan shalat tahajjud. Siswa juga harus memilih guru yang memiliki akhlak yang baik, bersikap patuh dan tunduk terhadap guru dalam segala hal, tidak boleh berdebat, tidak boleh menjadi juru mau’izah, tidak bergaul dengan kalangan eksekutif, serta berbuat baik terhadap Allah dan sesama manusia. Di samping itu, siswa juga harus mengamalkan ilmu yang diperolehnya sebab ilmu tanpa diamalkan adalah kegilaan dan beramal yang tidak didasari oleh ilmu pengetahuan adalah sia-sia

References

Ahmad, Zainal Abidin. 1975. Riwayat Hidup Imam al-Ghazali. Surabaya: Bulan Bintang.
Ahmadi, Abu. 1993. Cara Belajar yang Mandiri dan Sukses. Solo: C.V. Aneka.
Al-Dien, Muhy-I. 2001. Jalan Menuju Hikmah: Mutiara Ihya’ al-Ghazali untuk Orang Modern. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Al-Ghazali, Imam. 1995. Ihyā’ Ulumuddin. jilid 1. Beyrut: Dar al-Fiqrah.
_______. 1979. Menghidupkan Kembali Ilmu-ilmu Agama. terj. Ismail Ya’kub. Jakarta: CV. Faizan.
_______. t.t.. Ayyuhā al-Walad fī Nasīhati al-Muta‘allimīn wa Maw‘izatihim Liya’lamū wa Yumayyizū ‘Ilman Nāfi‘an min Gayrihi. Indonesia: al-Haramain Jaya.
Al-Turmudzi, Abi Isa Muhammad bin Surah. 2000. al-Jāmi’ al-Shahīh wa Huwa Sunan al-Turmuzī. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Al-Zarnuji, Syaikh Imam Burhanuddin. t.t.. Ta’līm al-Muta’allim Ṭarīq al-Ta’allum. Syarh. Ibrahim bin Isma’il. Surabaya: al-Hidayah.
Arifin, Imron (ed.). 1996. Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan. Malang: Kalimasahada.
Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
_______. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ash-Shabuny, Ali. 1999. Safwatu al-Tafāsīr. juz 2. Beyrut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.
_______. 1999. Safwatu al-Tafāsīr. juz 3. Beyrut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah
At-Tuwaanisi, Ali al-Jumbulati Abdul Futuh. 1994. Perbandingan Pendidikan Islam. terj. M. Arifin. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Depag RI. 2004. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV Penerbit Jumanatul Ali Art.
Daradjat, Zakiah. 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. 2006. Pedoman Penulisan Skripsi. Malang: Fakultas Tarbiyah UIN Malang.

Faqih, Allamah Kamal. 2005. Tafsir Nurul Qur’an: Sebuah Tafsir Sederhana Menuju Cahaya al-Qur’an. terj. Ahsin Muhammad. Jakarta: al-Huda.
Fatchurohmah, Siti. 2006. “Sosok Guru Menurut al-Ghazali dan Zakiah Daradjat”, Skripsi, Fakultas Tarbiyah UIN Malang.
Gagne, Robert M.. 1988. Prinsip-prinsip Belajar untuk Pengajaran. Terj. Abdillah Hanafi. Surabaya: Usaha Nasional.
Hadi, Sutrisno. 1987. Metode Research I. Yogyakarta: Andi Offset.
Hamalik, Oemar. 1983. Metodologi Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
_______. 1992. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: C.V. Sinar Baru.
Ihsan, Hamdani dan Fuad Ihsan. 2001. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Jalaluddin dan Usman Said. 1996. Filsafat Pendidikan Islam: Konsep dan Perkembangannya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Muhaimin, dkk.. 1996. Strategi Belajar Mengajar (Penerapannya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama). Surabaya: CV. Citra Media.
Moleong, Lexi J.. 1989. Metodologi Penelitiaan Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mustaqim dan Abdul Wahid. 1991. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nasution, Harun. 1978. Filsafat dan Mistisisme dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Nasution, S.. 1988. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Nata, Abuddin. 1997. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
_______. 2001. Perspektif Islam tentang Pola Hubungan Guru-Murid: Studi Pemikiran Tasawuf al-Ghazali. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Nizar, Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Pers.
Partanto, Pius A. dan M. Dahlan Al-Barry. 2001. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.
Poerwadarminta, W.J.S.. 1982. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Purwanto, M. Ngalim. 1988. Psikologi Pendidikan. Bandung: CV. Remadja Karya.

Quthb, Sayyid. 1992. Tafsir fi Dlilal al-Qur’an: di Bawah Naungan al-Qur’an. jilid 6. terj. As’ad Yasin dkk.. Jakarta: Gema Insani Press.
Rusyan, Tabrani dkk.. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sabri, M. Alisuf. 1996. Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasinal. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Santoso, Mudji. 1996. “Hakekat, Peranan, dan Jemis-jenis Penelitian pada Pembangunan Lima Tahun Ke VI”, dalam Imron Arifin (ed.). Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan. Malang: Kalimasahada.
Sardiman. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: CV. Rajawali.
Shihab, Muhammad Quraish. 2003. Tafsir al-Mishbah. Vol. 14. Jakarta: Lentera Hati.
_______. 2003. Tafsir al-Mishbah. Vol. 6. Jakarta: Lentera Hati.
Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Soejanto, Agus. 1990. Bimbingan ke Arah Belajar yang Sukses. Bandung: Aksara Baru.
Soemanto, Wasty. 1990. Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan). Jakarta: Rineka Cipta.
Sojono dan Abdurrahman. 1999. Metode Penelitian: Suatu Pemikiran dan penerapan. PT. Rineka Cipta.
Sonhaji, Ahmad. 1996. “Teknik Pengumpulan dan Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif”, dalam Imron Arifin (ed.). Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan. Malang: Kalimasahada.
Sudjana, Nana. 1991. Teori-teori Belajar untuk Pengajaran. Jakarta: Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi UI.
_______. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sulaiman, Fathiyyah Hasan. 1993. Aliran-aliran dalam Pendidikan: Studi tentang Aliran Pendidikan Menurut al-Ghazali. terj. Said Agil Husin Al-Munawar dan Hadri Hasan. Semarang: Dina Utama.
Surjadi, A.. 1989. Membuat Siswa Aktif Belajar. Bandung: Mandar Maju.
Suryabrata, Sumadi. 1989. Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Andi Offset.
_______. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
_______. 1999. Psikologi Belajar. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Syarkowi, “Reorientasi Pendidikan Islam (ke Arah Aktualisasi Pemikiran Pendidikan al-Ghazali dalam Konteks Masa Kini)”, Skripsi, Fakultas Tarbiyah UIN Malang, 2005, hlm. 154.
Tafsir, Ahmad. 2001. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, Moh. Uzer dan Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yatim, Badri. 1993. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Zainuddin, M.. 2002. “Aksiologi dalam Perspektif Islam”. eL-HARAKAH: Wacana Kependidikan, Keagamaan, dan Kebudayaan. Edisi 57, Tahun XXII, Desember-Pebruari.
_______. 2004. Karomah Syaikh Abdul Qadir al-Jailani. Yogyakarta: Pustaka Pesantren
Published
2016-08-31
How to Cite
AMIN, M. Pendekatan dalam Proses Belajar Perspektif Imam Al-Ghazali. AL-FURQAN, v. 5, n. 1, p. 41-76, 31 Aug. 2016.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.