Konsep Manajemen Pendidikan Islam bagi Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah

(Studi Analisis di Madrasah Aliyah Al-Amin Dompu)

  • Syatriadin Syatriadin
Keywords: Manajemen Pendidikan, Mutu Pendidikan Sekolah

Abstract

Organisasi pendidikan sebagai lembaga yang bukan saja besar secara fisik, tetapi juga mengemban misi yang besar dan mulia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Tentu saja memerlukan manajemen yang professional. Jika kita melihat dari sisi pengelolaan pendidikan,  selama ini kurang memerhatikan prinsip efektivitas, efisiensi, dan produktivitas yang menjadi inti dari manajemen. Oleh karena itu pengelolaan pendidikan dengan manajemen yang baik adalah solusi bagi perbaikan kualitas dan mutu pendidikan sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai secara efektif, efisien dan produktif. Dalam konteks pendidikan, pengertian mutu mencakup input, proses, dan output pendidikan. Input pendidikan adalah segala sesuatu yang harus tersedia karena dibutuhkan untuk berlangsungnya proses. Faktor penyebab rendahnya mutu pendidikan adalah masalah manajemen pengelolaan sekolah yang berkaitan erat dengan peningkatan mutu sekolah. Pada umumnya manajemen sekolah belum mampu menggali secara maksimal seluruh potensi yang ada agar dapat bersinergi dalam mendukung proses kegiatan pembelajaran yang optimal.

References

Didin Kurniadin & Imam Machali, Manajemen Pendidikan Konsepdan Prinsip Pengelolaan Pendidikan, (Jogjakarta:AR-RUZZ MEDIA, 2012), hal.125
Hadis, Abdul dan Nurhayai. 2010. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung:Penerbit Alfabeta
http://pendidikan.blogspot.com/2011/05/kualitas-pendidikan.html
http://adisujai.wordpress.com/2010/10/09/Strategi-Peningkatan-Mutu-Pendidikan
Rohiat, Manajemen Sekolah, Teori Dasar dan Praktik, (Bandung:Refika Aditama, 2008), hal 14
Tamam, Rosid. 2014. Tunjangan Profesi Guru Meningkatkan Mutu pendidikan. Penerbit. Guraru
Zamroni. 2007. Meningkatkan Mutu Sekolah. Jakarta:PSAP Muhammadiyah
Published
2018-02-28
How to Cite
SYATRIADIN, S. Konsep Manajemen Pendidikan Islam bagi Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah: (Studi Analisis di Madrasah Aliyah Al-Amin Dompu). AL-FURQAN, v. 6, n. 2, p. 67-76, 28 Feb. 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.