Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Inquiry Terbimbing terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa MTs. Negeri Model Kuripan

  • Kamaluddin Kamaluddin
Keywords: Model Kooperatif, Metode Inquiri

Abstract

Pada penelitian ini, dilaksanakan di MTs.N Model Kuripan, kelas yaang dijadikan tempat penelitian adalah kelas VIII/d sebagai kelompok tanpa perlakuan dan kelas VIII/d sebagi kelompok perlakuan. Pada penelitian yang diharapkan adalah hasil belajar siswa. Adapun jenis penelitian  yang  digunakan dalam penelitian ini  adalah kuasi eksperimen (Quasi experiment), yaitu penelitian yang  secara  khas meneliti  mengenai keadaan praktis yang  didalamnya  tidak mungkin untuk mengontrol semua variabel yang  relevan. Terdapat beberapa tipe rancangan penelitian yang dipandang sebagai Quasy Experimental Design. Dari beberapa tipe tersebut, peneliti menggunakan Nonequivalent Control Group Design dimana desain ini hampir sama dengan pretes-postes control group design, hanya pada desain ini kelompok eksperimen maupun kontrol tidak dipilih secara random. Pembelajaran ini juga dapat dikatakan lebih efektif dari pembelajaran yang biasa dilaksanakan oleh guru (pendekatan konvensional), karena keefektifan ini bisa dilihat dari rata-rata postes hasil belajar fisika siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata postes hasil belajar fisika siswa pada kelas kontrol.

References

Arief, dkk. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry dengan Self-Assesment Terhadap hasil belajar siswa kelas x pada materi Listrik dinamis di sma negeri 1 krian: Jurusan Fisika, Universitas Negeri Surabaya.
Arikunto, S. 2012. Dasar-dasae Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Djamarah dan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka cipta.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hamrumi. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran kooperatif. Surabaya: University Press.
Isjoni. 2012. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Karuru. 2002. Penerapanan Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD. (Online).
Lungdren, 1994. Cooperative Teaching Learning. USA: Mc Graw-Hill Book Company Inc.
Rozik dan Achmadi. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Stad Dengan Strategi Kartu Sortir (Card Sort) Terhadap Prestasi Belajar Fisika Pada Materi Fluida Statis Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Mojokerto. (Online)
Sudjana. 2011. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito
Slavin, E Robert. 1995. Educational Psycology. United States of America: Allan and Bacon.
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media
Wenning, Carl J. 2005. Levels of Inquiry : Hierarchies of Pedagogical Practices and Inquiry Proceses [Online]
Published
2018-02-28
How to Cite
KAMALUDDIN, K. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Inquiry Terbimbing terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa MTs. Negeri Model Kuripan. AL-FURQAN, v. 6, n. 2, p. 77-91, 28 Feb. 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.