Naskah-naskah yang dikirimkan ke redaksi Al-Furqan Jurnal Pendidikan Islam akan dipertimbangkan pemuatannya apabila memenuhi kriteria-kriteria sebagai berikut

  1. Bersifat ilmiah berupa kajian manajemen pendidikan Islam dari hasil penelitian atau gagasan orisinil yang memberikan kontribusi bagi pengembagan studi dan pemikiran manajemen pendidikan Islam
  2. Naskah yang dikirim merupakan naskah yang belum pernah dipublikasikan dalam penerbitan apapun atau tidak sedang diminta penerbitannya oleh media lain.
  3. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia/Arab/Inggris yang memenuhi kaidah-kaidah penulisan karya ilmiah yang baik dan benar.
  4. Setiap naskah ditulis secara berurutan terdiri dari judul, nama penulis, identitas penulis (lembaga dan email penulis), abstrak, kata kunci, isi, dan daftar pustaka.
  5. Judul harus ringkas, spesifik dan efektif, tidak melebihi 12 kata yang menggunakan Bahasa Indonesia, 10 kata yang menggunakan Bahasa Inggris.
  6. Abstrak ditulis dalam Arab/Inggris disertai terjemahan bahasa Indonesia. Abstrak ditulis antara 100 s.d. 150 kata dengan memuat tujuan, metode, dan hasil penelitian (untuk naskah hasil penelitian); dan, latar belakang masalah, bahasan, dan simpulan (untuk naskah bukan hasil penelitian)
  7. Kata kunci maksimal 4 kata yang mencerminkan isi naskah
  8. Isi naskah terdiri dari 5000 s.d. 6000 kata atau 20 s.d. 25 halaman kertas ukuran kwarto diketik 1,5 spasi dengan margin 4,3,4,3.
  9. Naskah ditulis dengan menggunakan footnote (catatan kaki) yang memuat nama penulis, judul buku/majalah/jurnal, kota tempat penerbitan, nama peberbit, tahun penerbitan, dan halaman.

 

  1. Catatan kaki untuk kutipan dari buku; nama penulis, judul buku, (kota penerbit: nama penerbit, tahun penerbitan), dan nomor halaman. 
      Contoh: Zainal Arifin, Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam. (Yogyakarta: Diva Press, 2012), hlm.15.
  2. Catatan kaki untuk kutipan dari buku kompilasi memuat nama editor (ed.)/(eds.), judul buku, (kota penerbit: nama penerbit, tahun), dan nomor halaman. Contoh:  Zainal Arifin, ed., Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam. (Yogyakarta: Diva Press, 2012), hlm.15.
  3. Catatan kaki untuk kutipan dari jurnal/majalah: nama penulis, tahun penerbitan, judul dalam tanda petik, nama majalah/jurnal, nomor penerbitan, tanggal/bulan penerbitan (jika ada), dan nomor halaman. Contoh: Imam Machali, “Perilaku Keagamaan Kaum Waria Yogyakarta Kasus di Pondok Pesantren Waria “Senin-Kemis” Yogyakarta”,  An-Nur, 3 (2) Agustus 2011: 321
  4. Catatan kaki untuk kutipan dari elektronik: Contoh: Lauren P. Burka, “A Hypertext History of Multi-User Dimensions.” MUD  1993. http://www.utopia.com/talent/lpp/ middex/essay [2 Agustus 1996]