Madrasah Sebagai Institusi Pendidikan Islam Di Indonesia

  • firad wijaya IAIH NW LOTIM

Abstract

Sejarah dan Perkembangan Madrasah di Indonesia telah mencapai eksistensi Madrasah dalam tradisi pendidikan Islam di Indonesia tergolong fenomena modern yaitu mulai sekitar awal abad 20. Evolusi pendidikan di wilayah ini pada umumnya bermula dari pesantren, Madrasah, dan kemudian sekolah. Dan dipengaruhi oleh latar belakang pertumbuhan Madrasah di Indonesia dan Madrasah pada masa pertumbuhan. Sistem pendidikan dan pengajaran di madrasah yang khusnya membahas tentang persoalan Madrasah sebagai Institusi Pendidikan, sangatlah di butuhkan dalam menanamkan ajaran agama islam yang sesuai dengan aturan dalam Al-Quran serta Peran Madrasah didalam mendidik generasi islami dibidang pendidikan membutuhkan kerjasama yang baik dengan kementerian yang ada dalam lembaga pendidikan islam, Madrasah sebagai Sub sistem Pendidikan Nasional dan Karakteristik Institusi pendidikan Islam. Madrasah mengandung arti tempat atau wahana anak mengenyam proses pembelajaran. Maksudnya, di madrasah itulah anak memahami proses belajar secara terarah, terpimpin, dan terkendali. Dengan demikian, secara teknis madrasah menggambarkan proses pembelajaran secara formal yang tidak berbeda dengan sekolah. Hanya dalam lingkup kultural, madrasah memiliki konotasi spesifik yang sangat baik dalam perkembangan proses belajat anak didik. Di lembaga ini anak memperoleh pembelajaran seluk beluk agama dan keagamaan.

References

Arifin.M, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006)
Fadjar, Malik , Madrasah dan Tantangan Modernitas, (Bandung: Mizan,
Hasbullah, Dasar-Dasar Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, cet. 11, 2013)
Hasbullah, Kapita Selekta Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999)
Ki Hadjar Dewantara, Bagian Pertama Pendidikan, (Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa, 2004).
Mujib, Abdul , Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Karisma Putra Utama)
1998)
Published
2020-01-26