PENERAPAN TEORI OPERANT CONDITIONING B.F. SKINNER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH

  • setyo pambudi uinsuka

Abstract

Mengingat kenyataan yang memburuk dari sebagian besar negara kita, baik guru agama dan guru bertanggung jawab untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama untuk membantu mengatasi kemerosotan akhlak yang ada. Mengenai hal tersebut, pendidikan agama islam sebagai peningkatan, untuk memperbaiki kesalahan, kekurangan dan kelemahan dalam kepercayaan, pemahaman dan pengalaman mengajar siswa dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut berkaitan dengan pembentukan perilaku sesuai dengan teori Operant Conditioning B.F. Skinner, selanjutnya dalam penelitian ini berkaitan dengan cara kerja teori Operant Conditioning B.Fini. tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengatahui bagaimana proses penerapan teori belajar Operant Conditioning B.Fdalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah, terdapat beberapa pembahasa meliputi; penjelasan teori behaviorisme Operant Conditioning B.Fkemudian menelaah kelebihan dan kekurangan teori tersebut sebelum diterapkan dalam pendidikan dan mengetahui pengembangan teori Operant Conditioning B.Fdalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) serta menelaah kelebihan dan kekurangan setelah teori belajar Operant Conditioning B.FSkinner diaplikasi kepada siswa-siswa di sekolah. Metode penelitian dilakukan dengan studi kepustakaan sebagai teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, literatur-literatur yang berkaitan dengan masalah yang dipecahkan. Hasilnyadapat mengetahui teori B.F Skinner sebagai teori pengembangan Classical Conditioning Ivan Pavlov dan mengamati proses percobaan teori B.F Skinner pada hewan yang menghasilkan perubahan perilaku terhadap hewan tersebut disertai dengan kelemahan dan keunggulan dalam proses percobaan. Kemudian melakukan pengembangan teori ini pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai perubahan tingkah laku yang diharapkan sesuai dengan pembelajaran di sekolah disertai keunggulan dan kelemahan dalam proses pengembangannya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).

References

Alizamar, Teori Belajar dan Pembelajaran; Implementasi dalam Bimbingan Kelompok Belajar di Perpendidikan Tinggi, (Yogyakarta: Media Akademi, 2016).
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2007).
Djiwandodo, Sri Esti Wuryani, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: PT. Grasindo, 2002)
Ibrahim, Nurdin dan Helen Purwatiningsih, Persepketif Pendidikan Terbuka Jarak Jauh; Kajian Teoritis dan Aplikasinya, (Yogyakarta: Media Akademia, 2019).
Majid, Abdul, Belajar dan Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012).
Maskun, Teori Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2018).
Mulyanto Widodo, Investigasi Kelompok; Prototipe Pembeajaran Menulis Akademik, (Yogyakarta: Media Akademi, 2016).
Sriyanti, Lilik, Psikologi Belajar, (Yogyakarta: Penerbit ombak, 2013).
Subini, Nini, Psikologi Pembelajaran, (Yogyakarta: mentari pustaka, 2012).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta CV, 2016).
Widodo, Sugeng dan Dian Utami, Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2018).
Bahari, Samsul, Paradigma Pembelajaran Conditioning dalam Perspektif Pendidikan Islam, Tadris, Volume. 12, Nomor 2, Desember 2017.
Zaini, Rifnon, Studi Atas Pemikiran B.F. Skinner Tentang Belajar, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 1 Nomor 1 Juni 2014 p-ISSN 2355-1925.
Rahayu, Agustina, dkk, Penerapan Pendekatan Behavioral Operant Conditioning Pada Pembelajaran PAI Di SMA Negeri 3 Gowa Volume VII, Nomor 2, Juli Desember 2018.
Published
2020-09-29
How to Cite
pambudi, setyo. (2020). PENERAPAN TEORI OPERANT CONDITIONING B.F. SKINNER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 1(2), 128-143. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3922
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.