PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA PLUS MUNIRUL ARIFIN NW PRAYA
Keywords:
Kooperatif Tipe Jigsaw, Motivasi Belajar.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Plus Munirul Arifin NW Praya Tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan pre- exsperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester ganjil SMA Plus Munirul Arifin NW Praya tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas Xpa dan Xpi yang berjumlah 43 orang, dengan sampel dalam penelitian ini adalah kelas xpi yang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan data menggunakan angket/quesioner digunakan untuk mengungkap data motivasi belajar matematika siswa sebelum dan setelah penerapan pembelajaran dengan metode kooperatif tipe jigsaw pada pokok bahasan persamaan kuadrat. Sebelum data dianalisis, instrumen dihitung validitas dan reliabilitasnya. Setelah data terkumpul, dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Selain itu, untuk pengujian hipotesis digunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya kooferensi determinasi regresi didapat sebesar 0,508 atau pengaruh variabel X terhadap Y sebesar 50,8% dengan persamaan regresi Y = 4,09 + 0,42X dalam standar error 0.812 dan 0,098. Dimana, signifikan a0 dan a1 sebesar 55,547 dan 4,308 lebih besar dari nilai t1/2 (0,5);df-18 yaitu 2,101, atau t>t1/2 (0,5);df-18. Hal ini berarti, terdapat pengaruh yang positif antara penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas X SMA Plus Munir Arifin NW Praya Tahun 2013/2014 sebesar 50,8% dan sisanya 49,2% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.References
Asri Budiningsih,C. 2008. Belajar dan Pembelajaran .Jakarta: Rineka Cipta
http://timssandpirls.bc.edu. (17.25 PM. May 03 2011).
https://ekonomi,kompas.com. (17.45 PM. Des 03 2011)
Puput Fathurrohman dan M. Sobri Sutikno. 2009. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islam. Bandung : Refika Aditama
Riduan,Dr.MBA. 2010. Dasar-dasar statistika. Jakarta: Alfabeta
Sofan Amri dan Iif Khoirul Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran: Pengaruhnya Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustaka
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&B. Bandung : Alfabeta
, 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeth
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Produk. Jakarta: Rineka Cipta
, 2001. Dasara-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara
Yatim Riyanto. 2001. Metodologi Penelitian pendidikan. Surabaya: SIC
, 2010. Paradigma Baru Pembelejaran Sebagai Referensi bagi Guru Pendidikan dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Prenada Media
http://timssandpirls.bc.edu. (17.25 PM. May 03 2011).
https://ekonomi,kompas.com. (17.45 PM. Des 03 2011)
Puput Fathurrohman dan M. Sobri Sutikno. 2009. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islam. Bandung : Refika Aditama
Riduan,Dr.MBA. 2010. Dasar-dasar statistika. Jakarta: Alfabeta
Sofan Amri dan Iif Khoirul Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran: Pengaruhnya Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustaka
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&B. Bandung : Alfabeta
, 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeth
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Produk. Jakarta: Rineka Cipta
, 2001. Dasara-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara
Yatim Riyanto. 2001. Metodologi Penelitian pendidikan. Surabaya: SIC
, 2010. Paradigma Baru Pembelejaran Sebagai Referensi bagi Guru Pendidikan dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Prenada Media
Published
2020-09-16
How to Cite
Zainul Arifin. (2020). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA PLUS MUNIRUL ARIFIN NW PRAYA. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 1(3), 72-79. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/4268
Section
Articles
Copyright (c) 2020 al-Hikmah : Jurnal Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.