Pengaruh Tutor Sebaya terhadap kemampuan membaca Al-Quran di Madrasah Aliyah Nurul Mujtahidin NW Janapria

  • Ahmad Sakrani Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
Keywords: Metode Tutor Sebaya, Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini berjudul tentang Pengaruh Penggunaan Metode Tutor Sebaya Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa Madrasah Aliyah Nurul Mujtahidin NW Janapria. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode tutor sebaya di kelas XI pada mata pelajaran Al-Quran Hadis di Madrasah Aliyah Nurul Mujtahidin NW Janapria dan bagaimana pengaruh penggunaan metode tutor sebaya terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa Madrasah Aliyah Nurul Mujtahidin NW Janapria. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di Madrasah Aliyah Nurul Mujtahidin NW Janapria yang berjumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes praktek dan dokumentasi.  Dengan menggunakan rumus tes “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kemampuan membaca Al-Qur‟an sebelum menggunakan metode tutor sebaya pada mata pelajaran Al-Quran Hadis (surah Al-Maidah ayat 48 dan surah At Taubah ayat 105) di Madrasah Aliyah Nurul Mujtahidin NW Janapria tergolong rendah hal ini terbukti dari siswa yang mendapat skor tinggi sebayak 1 orang (2,57%), siswa skor sedang sebanayak 9 orang (23,08%), dan siswa yang mendapatkan skor rendah ada 29 orang (74,35%). Sedangkan Kemampuan membaca Al-Qur‟an sesudah menggunakan metode tutor sebaya pada mata pelajaran Al-Quran Hadis (surah Al-Maidah ayat 48 dan surah At Taubah ayat 105) di Madrasah Aliyah Nurul Mujtahidin NW Janapria tergolong rendah hal ini terbukti dari siswa yang mendapat skor tinggi sebayak 11 orang (28,20%), siswa skor sedang sebanayak 15 orang (38,47%), dan siswa yang mendapatkan skor rendah ada 13 orang (33,33%).  Terdapat pengaruh yang signifikansi antara penggunaan metode tutor sebaya terhadapkemampuan membaca Al-Qur‟an siswa Madrasah Aliyah Nurul Mujtahidin NW Janapria. Dalam hal ini, dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (to = 5,70) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (5% = 2,02 dan 1% = 2,71) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari pada tt yaitu 2,02<5,70>2,71.

References

Anshori. (2013). Ulumul Qur’an. Jakarta: Rajawali Pers.
Anwar. A. (2012). Ulumul Qur’an. Jakarta: Amzah.
Djamarah. S. B. dan Zain. A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ridwan. A. S. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sholikhah. H. A. (2014). Materi Bahasa Indonesia Untuk Guru Tingkat Dasar. Palembang: Noer Fikri Offset.
Soemanto. W. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudiyono. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi. I. (2013). Model-Model Pembelajaran Moderen. Palembang: Tunas Gemilang Press.
Usman. H., & Akbar. P. S. (2009). Pengantar Statistika. Jakarta: PT Bumi
Aksara.
Published
2020-01-26