DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS FOR PAI LESSON MODULE FOR CLASS X OF THE COVID-19 PANDEMIC

  • muh thalaat IAI HAMZANWADI NW LOMBOK TIMUR
Keywords: development, teaching materials, quality improvement, PAI learning.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Aikmel. Subyek penelitian adalah Guru PAI sedangkan informannya adalah Kepala Sekolah  dan para Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dengan interaktif yang meliputi reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengembangan bahan ajar di SMA Negeri 1 Aikmel  dilakukan berdasarkan tuntutan kurikulum yang berlaku dan mempertimbangkan karakteristik siswa, serta sebagai solusi permasalahan yang ada dalam pembelajaran PAI. Langkah-langkah pengembangannya adalah: (1) Analisis kebutuhan bahan ajar, (2) Menyusun peta bahan ajar, (3) Menyusun struktur bahan ajar, (4) Mengevaluasi bahan ajar. Terdapat beberapa kendala pada pelaksanaan pengembangan bahan ajar yaitu: sulitnya penyesuaian bahan ajar yang dibuat dengan karakteristik siswa yang berbeda-beda, kurangnya koordinasi antarguru serta latar belakang pendidikan siswa dijenjang sebelumnya yang berbeda. Hasil dari pengembangan bahan ajar yang dilakukan oleh para guru adalah bahwa mutu pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Aikmel mengalami peningkatan  yang cukup baik terhadap proses pembelajaran yang pembelajaran tersebut menjadi lebih aktif, efektif dan kondusif maupun terhadap hasil belajar siswa yang meningkat setiap tahunnya

References

Achmadi. (2005). Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arifin. (2001). Belajar Merupakan Indikator dari Perubahan yang Terjadi pada Individu Setelah Mengalami Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Drajat, zakiyah. (1995). Pendidikan Islam dalam Keluarga dan sekolah, Jakarta: YPI Ruhama.
Hasbullah. (2001). Sejarah Pendidikkan Islam Lintas Sejarah Perubahan Dan Perkembangan, Jakarta : LkiS’ 2001
Majid, Abdul, Dian Andayani. (2005). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: Rosda Karya.
Moleong, Leksy J. (2004). Metode penelitian Kualitatif, Bandung Remaja rosdakarya.
Muhaimin. (2005). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mulyasa. (2005). Menjadi Kepala Sekolah yang Professional, Bandung : PT. Rosda Karya.
Oemar, Hamali. (2006). Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006
Patoni, Ahmad. (2004). Metodologi Pendidikan agama Islam, Jakarta: PT. Bina Ilmu, 2004
Prastowo, andi . (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta: DivaPress.
Sunendar,Dadang . (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Published
2021-09-27
How to Cite
muh thalaat. (2021). DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS FOR PAI LESSON MODULE FOR CLASS X OF THE COVID-19 PANDEMIC. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 2(3), 91-101. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v2i3.4281

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.