UPAYA MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH MELALUI KEGIATAAN PESANTREN KILAT PADA SISWA MADRASAN TSANAWIYAH DARUSSODIQIN NW MERTAK PAOK DESA MEKAR BERSATU KECAMATAN BATU KELIANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH
Keywords:
Pesantren kilat, Akhlakul Karimah
Abstract
Salah satu model pembelajaran alternatif untuk mendukung penyelenggaran Pendidikan Akhlak di Madrasan Tsanawiyah Darussodiqin NW Mertak Paok Desa Mekar Bersatu Kecamatan Batu Keliang Kabupaten Lombok Tengahadalah Pesantren Kilat. Pesantren kilat adalah suatu kegiatan yang mengadopsi kegiatan yang ada di pondok pesantren. Kegiatan pesantren kilat merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan Akhlakul karimah siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pesantren kilat dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa Madrasan Tsanawiyah Darussodiqin NW Mertak Paok. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pesantren kilat dalam upaya meningkatkan aklakul karimah siswa Madrasan Tsanawiyah Darussodiqin NW Mertak Paok. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Penelitian lapangan ini dilakukan di Madrasan Tsanawiyah Darussodiqin NW Mertak Paok. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti kondisi objek secara alamiah, dimana peneliti sebagai instrumen utama penelitian, teknik pengumpulam data yang digunakan peneliti yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisi yang digunakan peneliti dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pesantren kilat dalam upaya meningkatkan Akhlakul karimah siswa Madrasan Tsanawiyah Darussodiqin NW Mertak Paok. 1) perencanaan pesantren kilat ini dilakukan karena melihat kondisi siswa yang kurang akan pemahaman agam Islam dan juga dalam upaya meningkatkan Akhlakul karimah siswa. 2) pelaksanaan pesantren kilat ini merupakan kegiatan wajib bagi seluruh siswa Madrasan Tsanawiyah Darussodiqin NW Mertak Paok. Dalam upaya meningkatkan Akhlakul karimah siswa dalam kegiatan pesantren kilat siswa diberikan materi pembelajaran ibadah mahdah dan juga ibadah ghoiru mahdah.3) evaluasi dalam kegitan pesantren kilat di Madrasan Tsanawiyah Darussodiqin NW Mertak Paoksecara umum tidak ditemukan kendala dalam pelaksanaan pesantren kilat hanya saja siswa perlu di latih dan juga diberikan monitoring agar perubahan siswa tidak hanya sesaat.References
Umar Tirtarahardja dan Sulo S.L. La. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin. (2003). Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum. Jakarta: Bumi Aksara.
Miftahur Rohman dan Hairudin. (2018). â€Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-Nilai Sosial Kulturalâ€. Jurnal Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam Edisi 2018 Vol 9, No. 1.
Abidin Ibnu Rush (1998). Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tutuk Ningsih. (2019) Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Revolusi Industri 4.0 pada Madrsah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. Insania, Vol. 24, No 2 Juli-Desember.
Desmista. (2013). Psikologi Perkembangan Cet. 8. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.
Edin Mujahidin. (2005). Pesantren Kilat: Alternatif Pendidikan Agama Luar Sekolah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Lexy. J. Moeleong. (2002)., Metodologi Penelitian Kualitatif. Pt Remaja Rosdakarya: Metodologi Penelitian Kualitatif.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Sahilun A. Nasir. (1991). Tinjauan Akhlak. Surabaya: Al-Ikhlas.
Abidin Ibnu Rush. (1998). Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmad Tafsir. (1991). Ilmu Pendidikan dalam Prespektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arifin. (2003). Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum. Jakarta: Bumi Aksara.
Miftahur Rohman dan Hairudin. (2018). â€Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-Nilai Sosial Kulturalâ€. Jurnal Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam Edisi 2018 Vol 9, No. 1.
Abidin Ibnu Rush (1998). Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tutuk Ningsih. (2019) Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Revolusi Industri 4.0 pada Madrsah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. Insania, Vol. 24, No 2 Juli-Desember.
Desmista. (2013). Psikologi Perkembangan Cet. 8. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.
Edin Mujahidin. (2005). Pesantren Kilat: Alternatif Pendidikan Agama Luar Sekolah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Lexy. J. Moeleong. (2002)., Metodologi Penelitian Kualitatif. Pt Remaja Rosdakarya: Metodologi Penelitian Kualitatif.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Sahilun A. Nasir. (1991). Tinjauan Akhlak. Surabaya: Al-Ikhlas.
Abidin Ibnu Rush. (1998). Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmad Tafsir. (1991). Ilmu Pendidikan dalam Prespektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2020-07-20
How to Cite
Ahmad Sakrani. (2020). UPAYA MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH MELALUI KEGIATAAN PESANTREN KILAT PADA SISWA MADRASAN TSANAWIYAH DARUSSODIQIN NW MERTAK PAOK DESA MEKAR BERSATU KECAMATAN BATU KELIANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 1(3), 115-126. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/4291
Section
Articles
Copyright (c) 2020 al-Hikmah : Jurnal Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.