UPAYA MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH MELALUI KEGIATAAN PESANTREN KILAT PADA SISWA MADRASAN TSANAWIYAH DARUSSODIQIN NW MERTAK PAOK DESA MEKAR BERSATU KECAMATAN BATU KELIANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH

  • Ahmad Sakrani Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
Keywords: Pesantren kilat, Akhlakul Karimah

Abstract

Salah satu model pembelajaran alternatif  untuk mendukung penyelenggaran Pendidikan Akhlak di Madrasan Tsanawiyah Darussodiqin NW Mertak Paok Desa Mekar Bersatu Kecamatan Batu Keliang Kabupaten Lombok Tengahadalah Pesantren Kilat. Pesantren kilat adalah suatu kegiatan yang  mengadopsi kegiatan yang ada di pondok pesantren. Kegiatan pesantren kilat  merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan Akhlakul karimah siswa.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan  pesantren kilat dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa Madrasan Tsanawiyah Darussodiqin NW Mertak Paok. 2)  Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pesantren kilat dalam upaya meningkatkan  aklakul karimah siswa Madrasan Tsanawiyah Darussodiqin NW Mertak Paok.  Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan deskriptif kualitatif  dengan jenis penelitian lapangan. Penelitian lapangan ini dilakukan di Madrasan Tsanawiyah Darussodiqin NW Mertak Paok. Metode penelitian kualitatif  adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti kondisi objek secara  alamiah, dimana peneliti sebagai instrumen utama penelitian, teknik pengumpulam  data yang digunakan peneliti yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.  Analisi yang digunakan peneliti dengan cara mereduksi data yang tidak relevan,  memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pesantren kilat dalam upaya  meningkatkan Akhlakul karimah siswa Madrasan Tsanawiyah Darussodiqin NW Mertak Paok. 1) perencanaan  pesantren kilat ini dilakukan karena melihat kondisi siswa yang kurang akan  pemahaman agam Islam dan juga dalam upaya meningkatkan Akhlakul karimah  siswa. 2) pelaksanaan pesantren kilat ini merupakan kegiatan wajib bagi seluruh  siswa Madrasan Tsanawiyah Darussodiqin NW Mertak Paok. Dalam upaya meningkatkan Akhlakul karimah siswa  dalam kegiatan pesantren kilat siswa diberikan materi pembelajaran ibadah mahdah  dan juga ibadah ghoiru mahdah.3) evaluasi dalam kegitan pesantren kilat di Madrasan Tsanawiyah Darussodiqin NW Mertak Paoksecara umum tidak ditemukan kendala dalam pelaksanaan  pesantren kilat hanya saja siswa perlu di latih dan juga diberikan monitoring agar  perubahan siswa tidak hanya sesaat.

References

Umar Tirtarahardja dan Sulo S.L. La. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin. (2003). Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum. Jakarta: Bumi Aksara.
Miftahur Rohman dan Hairudin. (2018). ”Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-Nilai Sosial Kultural”. Jurnal Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam Edisi 2018 Vol 9, No. 1.
Abidin Ibnu Rush (1998). Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tutuk Ningsih. (2019) Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Revolusi Industri 4.0 pada Madrsah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. Insania, Vol. 24, No 2 Juli-Desember.
Desmista. (2013). Psikologi Perkembangan Cet. 8. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.
Edin Mujahidin. (2005). Pesantren Kilat: Alternatif Pendidikan Agama Luar Sekolah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Lexy. J. Moeleong. (2002)., Metodologi Penelitian Kualitatif. Pt Remaja Rosdakarya: Metodologi Penelitian Kualitatif.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Sahilun A. Nasir. (1991). Tinjauan Akhlak. Surabaya: Al-Ikhlas.
Abidin Ibnu Rush. (1998). Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmad Tafsir. (1991). Ilmu Pendidikan dalam Prespektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2020-07-20
How to Cite
Ahmad Sakrani. (2020). UPAYA MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH MELALUI KEGIATAAN PESANTREN KILAT PADA SISWA MADRASAN TSANAWIYAH DARUSSODIQIN NW MERTAK PAOK DESA MEKAR BERSATU KECAMATAN BATU KELIANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 1(3), 115-126. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/4291

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.