IMPLEMENTASI PROGRAM BOARDING SCHOOL DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MADRASAH ALIYAH (MA) SYAIKH ZAINUDDIN NW ANJANI

  • M. Zuhri Pascasarjana Universitas Islam Negeri Mataram
Keywords: Boarding School, Karakter Siswa

Abstract

Karkater manusia di zaman sekarang ini terlihat sudah mulai mengabaikan nilai-nilai luhur yang telah lama menjadi budaya bangsa, seperti nilai kejujuran (fairness), kesantunan, kebersamaan dan religius. Untuk mengantisipasi hal itu, maka salah satu sistem yang efektif untuk dikembangkan adalah mengimplementasikan program boarding school. Berangkat dari hal itulah, tujuan penelitian ini di antaranya adalah untuk mengetahui bagaimanakah implementasi program boarding school dalam  membentuk karakter siswa, untuk mengetahui bagaimanakah karakter siswa pada implementasi program boarding school, dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi program boarding school dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Aliyah (MA) Syaikh Zainuddin NW Anjani. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama: Implementasi program boarding school mengacu kepada sebuah perencanaan program boarding school, integrasi kurikulum madrasah dan program boarding school, serta langkah-langkah untuk melaksanakan kedua hal tersebut, dilakukan dengan menggunakan beberapa langkah, yaitu langkah persuasif, individual, dan kolektif. Kedua: Karkater yang dihasilkan dalam pengimplementasian program, boarding school yaitu pribadi yang beradab, beriman dan bertakwa, memiliki integritas tinggi, jujur, mandiri, patriotisme dan Nasionalisme, kedisiplinan dan tanggungjawab. Ketiga: Faktor pendukungnya adalah lingkungan religius, sarana dan prasarana yang memadai, dan pola interaksi super aktif yang dibangun antara guru dengan siswa, pengasuh dengan santari, siswa dengan siswa melalui program tiga bahasa yaitu bahasa Arab, Inggris dan Indonesia. Sedangkan faktor penghambat yaitu : semangat yang menurun dari para siswa, kedisiplinan yang terlalu ketat di dalam asrama dan latar belakang siswa yang heterogen.

References

Abdul Fatah, Rodai dkk, 2005. Rekonstruksi Pesantren Masa Depan. Jakarta. PT. Liskafariska Putra.

Abdur Rahman An Nahlawi, Pendidikan Islam di Rumah Sekolah dan Masyarakat. Penerjemah: Shihabuddin, Jakarta: Gema Insani Press, 1995.

Arianto, Sam 2008. Motivasi dan Prestasi Belajar, Surabaya: Usaha Nasional.

Balai Pustaka, 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Bukran, “Sistem Boarding School Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP Islam Jabal Hikmah”, Tesis (Mataram : Program Pasca Sarjana UIN Mataram.

Departemen Agama RI, 2009. Al Qur’an dan Terjemah. Bandung : PT. Sygma Exammedia Arkaleema.

Depdiknas, 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional(Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan dan Kebudayaan.

Djamarah, 2004. Saeful Bahri, Motivasi dan Prestasi Belajar, Surabaya: Usaha Nasional.

Emzir, 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Haedari Amin, dkk, 2004. Masa Depan Pesantren dalam Tantangan Kompleksitas Global. Jakarta : IRD Press.

Haryadi, Lalu Fauzi. "Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di SMP Islam Plus Darul Hukumaini Jonggat." An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam 1.1 (2021): 19-27.

Hidayati, Nurul. 2015. Implementasi Evaluasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMP Negeri 1 Sakra Lombok Timur.

J. Moleong Lexy, 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Kunandar, 2007. Guru Profesional. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Makmun, H.A. Rodli, Pembentukan Karakter Berbasis Pendidikan Pesantren (Studi di Pondok Pesantren Tradisional dan Modern di Kabupaten Ponorogo) Ponorogo: STAIN Ponorogo.

Mujiono Dimiyati, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Usaha Nasional, 1986.

Nurji, 2015. Kontribusi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMA 1 Jerowau Kabupaten Lombok Timur. Mataram. UIN Mataram.

Sugiaryo, Sulandari Ningsih, 2017. Hubungan Pelaksanaan Full Day School Dan Boarding School Dengan Pembentukan Karakter Pada Siswa Kelas XI MAN 1 Surakarta : Jurnal Global Citizen Volume 2.

Sugiono, 2016. Metodologi Penelitian Pendidika (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Sukardi, 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Sulistyowati, E. (2012). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: PT Citra Aji Parama.

Sutrisno, Implementasi Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta .

Tatang, 2012. Ilmu Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Ulyan Nasri, Akar Historis Pendidikan Perempuan: Refleksi Pemikiran TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, Yogyakarta: Deepublish, 2015.

__________, Bersahabat dengan Ilmu: Sebuah Pengantar Filsafat Ilmu, Mataram: CV. Haramain Lombok, 2018.

___________, Menjemput Ilmu: Sebuah Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Semesta Ilmu, 2016.

___________, Pemikiran Tuan Guru Kiai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid Tentang Pendidikan Islam Perempuan dan Implementasinya di Madrasah Nahdlatul Banat Diniyah Islamiyah di Lombok, Tesis, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.

___________, Mengenal Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah dalam Konteks Nahdlatul Wathan, Mataram: CV. Haramaian Lombok, 2019. Cet. Ke-4.

Walad, Muzakkir. "Strategi Penanaman Karakter Islami dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII di MTs Darussholihin NW Kalijaga." An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam 1.1 (2021): 28-37.

W.J.S. Poerdarminta, 1985. KAMUS UMUM BAHASA INDONESIA. Cetakan VIII. Jakarta: Balai Pustaka.

Yaumi, Muhammad, 2014. Pendidikan Karakter (Landasar Pilar dan Implementasi). Jakarta : Prenadamedia Group.
Published
2021-12-29