PENERAPAN STRATEGI BELAJAR MODEL MEMORISASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB PADA KELAS VII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi belajar model memorisasi dalam meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian peserta didik kelas VII MTs Nurul Hidayah Rembitan. Penelitian kualitatif merupakan prosedur yang menghasilkan data-data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan didasari oleh orang atau perilaku yang diamati. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) penerapan strategi belajar model memorisasi dalam meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa adalah seorang guru memberikan mufradat kepada siswa dan meminta siswa untuk membaca seacara serentak dan menghafalkannya guna untuk melatih hafalannya, 2) keterampilan membaca bahasa Arab siswa dalam strategi belajar model memorisasi adalah dapat menambah kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa karena dengan model memorisasi atau menghafal, siswa menjadi lebih sering membaca atau melafalkan kosakata yang ada dalam teks bahasa ArabReferences
Abdul H. et,al. 2020. Peningkatan Penguasan Kosakata Bahasa Arab Dengan Menggunakan Model Memorisasi, Jurnal Pendidikan Islam, Sains, dan Budaya. Jawa Barat.
Achmad S. 2010. Model-model Pembelajaran. Universitas Pendidikan Indonesia
Akrom M. Pedoman Pengajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi. Jakarta: PSDA Depag
Azhar A. 2004. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Dardjoidjo S. 2016. Psikolinguistik: Penganter Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta : Yayasan Pustaka Obror Indonesia
Indrawati. 2011. Model-model Pembelajaran. Jember : Modul
Lisanuna. 2020. Metode Qira’ah Dalam Pembelajaran Keterampilan Reseptif Berbahasa Arab Untuk Pendidikan Tingkat Menengah. Yogyakarta : Jurnal pendidikan bahasa Arab
Muljanto S. 1974. Pengajaran Bahasa Asing. Jakarta : Bulan Bintang
Mulyati dkk. 2007. Keterampilan Dalam Belajar Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka
Nana, S. S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya: t,k.
Nuha U. 2016. Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta : DIVA Press
Nurdin U. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta : Grasindo
Raditya AM. 2016. Problematika Siswa Dalam Maharah Qira’ah Kelas X IPA 1 Di Ma Negeri Klaten. Skripsi : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Syaiful M. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. UIN Maliki Press
Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendekaatan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada
Achmad S. 2010. Model-model Pembelajaran. Universitas Pendidikan Indonesia
Akrom M. Pedoman Pengajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi. Jakarta: PSDA Depag
Azhar A. 2004. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Dardjoidjo S. 2016. Psikolinguistik: Penganter Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta : Yayasan Pustaka Obror Indonesia
Indrawati. 2011. Model-model Pembelajaran. Jember : Modul
Lisanuna. 2020. Metode Qira’ah Dalam Pembelajaran Keterampilan Reseptif Berbahasa Arab Untuk Pendidikan Tingkat Menengah. Yogyakarta : Jurnal pendidikan bahasa Arab
Muljanto S. 1974. Pengajaran Bahasa Asing. Jakarta : Bulan Bintang
Mulyati dkk. 2007. Keterampilan Dalam Belajar Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka
Nana, S. S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya: t,k.
Nuha U. 2016. Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta : DIVA Press
Nurdin U. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta : Grasindo
Raditya AM. 2016. Problematika Siswa Dalam Maharah Qira’ah Kelas X IPA 1 Di Ma Negeri Klaten. Skripsi : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Syaiful M. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. UIN Maliki Press
Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendekaatan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada
Published
2022-03-04
How to Cite
Lini Puspita Sari. (2022). PENERAPAN STRATEGI BELAJAR MODEL MEMORISASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB PADA KELAS VII. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 2(4), 66-73. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v2i4.4818
Section
Articles
Copyright (c) 2022 al-Hikmah : Jurnal Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.