PROBLEMATIKA SISWA DALAM MENULIS KALIMAT BAHASA ARAB DI KELAS VII MTs ASH-SHALIHIN NW PAOK KUNING BEBER

  • M.Yusril Hadi Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur

Abstract

tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Problematika Siswa Dalam  Menulis Kalimat Bahasa Arab Di Kelas Vii Mts Ash-Shalihin Nw Paok Kuning Beber. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, Yang mana teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam proses menganalisis data menggunakan empat tahapan, yakni mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi. Pada suatu proses pembelajaran guru dan siswa akan mengalami suatu problem atau permasalahan-permasalahan tersebut berasal dari internal maupun eksternal, salah satu permasalahan yang dialami pada proses belajar mengajar adalah pembelajaran bahasa Arab yang masih sulit untuk mengatasinya. Permasalahan yang menjadi pokus penelitian ini adalah problematika siswa dalam menulis kalaimat bahasa Arab di kelas VII MTs Ash-shalihin NW Paok Kuning Beber. Hasil penelitian ini yaitu adanya beberapa kesulitan yang dialami oleh siswa saat pembelajaran bahasa Arab 1) Problematika Siswa DalamMenulis Kalimat Bahasa Arab yaitu belum mengetahui qo’idah imla’iyah, susunan kata (Uslub) dan tulisan (imla’).2) Cara meningkatkan minat menulis bahasa arab yaitu menjelaskan tujuan belajar kepeserta didik, memberikan hadiah, saingan atau kompetisi,memberikan pujian, memberikan hukuman,menggunakan metode pembelajaran yang variatif, dan menyediakan media pembelajaran.

References

Abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian ( Suatu Pendekatan Praktik ). Jakarta:
Rineka Cipta.

Azhar, A. (2010). Bahasa Arab dan Metode pengajarannya, Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Herdiansyah, Haris. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial.
Jakarta: Salemba Humanika, 2010.

Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahas Arab. Bandung: Remaja
Rosdakarya.

Meleong. (2016). Meteodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rodakarya.

Muhammad. (2011). Metodologi Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Munib, A. (2009). Strategi Dan Kiat Menerjemah Kanteks Bahasa Arab Kedalam
Bahasa Indoesia . Yogyakarta: Teras.

Ni'mah, Abdul Wahab Royidi Dan Mamlu'atul. Memahami Kosnsep Dasar
Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malik Press, 2018.

Nuha, Ulin. Metodologi Super Efektif Pembelajarn Pembelajaran Bahasa Arab.
Yogyakarta: Diva Pess, 2012.

Nurbayan, Y. (2008). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Zain Al Bayan.

Rahmawati. Fathul, M. & Nailur. (2011). Metode Permainan-Permainan Eduktif
Dalam Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.

Rofiah, N. (2014). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Samsudin, A. (2010). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Idea Press.

Subagvo, J. (2004). Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif ,Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2022-03-04
How to Cite
M.Yusril Hadi. (2022). PROBLEMATIKA SISWA DALAM MENULIS KALIMAT BAHASA ARAB DI KELAS VII MTs ASH-SHALIHIN NW PAOK KUNING BEBER. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 2(4), 105-119. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v2i4.4825

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.