URGENSI ADMINISTRASI GURU DALAM MENCIPTAKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR YANG EFEKTIF DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL MUTTAQIN NW PENUJAK
Abstract
Penelitian ini memfokuskan kajian pada permasalahan yaitu: a) Bagaimana Perencanaan Administrasi Guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Muttaqin NW Penujak., b) Bagaimana Pelaksanaan Administrasi Guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Muttaqin NW Penujak, c) Bagaimana urgensi Administrasi Guru dalam Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Efektif di Madrasah Tsanawiyah Darul Muttaqin NW Penujak. Dilihat dari fokus penelitian ini maka penelitian ini temasuk penelitian kualitatif analisis deskriptif, dengan mempergunakan dua sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data, yaitu: Metode Observasi, Wawancara Mendalam (deep Interview), Dokumentasi. Analisis yang dipergunakan adalah analisis data induktif dan deduktif. Berdasarkan pembahasan yang dipaparkan maka hasil penelitian ini, diketahui bahwa: 1. Perencanaan Administrasi Guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Muttaqin NW Penujak dapat dikatakan cukup baik, hal ini dapat dilihat dari lengkap data guru yang meliputi: identitas guru, latar belakang pendidikan guru, mata pelajaran yang dibina, serta perkembangan guru. 2. Pelaksanaan administrasi guru di lingkungan Madrasah Tsanawiyah Darul Muttaqin NW Penujak dapat membantu para guru untuk memiliki pemahaman yang sama tentang pelaksanaan proses administrasi madrasah, baik itu yang berkaitan dengan keberadaan guru, perkembangan jumlah guru dan mengembangkan potensi guru. Selain itu, para guru akan terbantu ketika seorang guru memerlukan data-data yang terkait dengan dirinya. Bagian administrasi Madrasah Tsanawiyah Darul Muttaqin NW Penujak dengan mudah akan dapat melayani dengan efektif. 3. Pentingnya administrasi guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Muttaqin NW Penujak dalam menciptakan pembelajaran yang efektif, maka keberadaan administrasi guru menjadi urgensi.References
Danim dan Khairil. 2010. Profesi Kependidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
-------------- 2010. Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Depdikbud. 1991. Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Depdikbud.
Engkoswara dan Aan, K. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Mendikbud. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Wayne, M. 1978. Education Administration: Teori Research and Praktice. New York: Random House
Purwanto, dkk. 1982. Administrasi Pendidikan. Bandung: Mutiara Sumber Widya.
Oteng. 1998. Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis untuk Praktik Profesional. Bandung: Angkasa.
Usman U. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Wijaya. 1998. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Angkasa.
Zulkifli, M. (2020). PENDIDIK DAN PROBLEM KELAS PADA JAM-JAM TERKHIR. al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(3), 01-09.
Copyright (c) 2021 al-Hikmah : Jurnal Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.