UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN METODE MEMBACA (THARIQAH AL QIRA’AH)
Keywords:
Minat Belajar, Metode Membaca
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode membaca (thariqah al qira’ah) dan untuk mengetahui bagaimana keadaan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang di lakukan dengan metode, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teori Miles dan Hubbermant yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) appersepsi dan pre-test pada setiap awal pelajaran, menyimak bacaan guru, mengulangi bacaan gurunya, diskusi dan Tanya jawab, bacaan disederhanakan, disertai contoh-contoh dan arti kata-kata yang sulit, memberikan tugas mengenai isi bacaan. (2) minat awal peserta didik sebelum penelitian melakukan penelitian bisa dikatakan cukup rendah, hal itu dikarenakan metode yang digunakan tidak efektif sehingga peserta didik merasa jenuh ketika belajar. setelah peneliti menerapkan metode membaca ini, peneliti mendapatkan bahwa metode membaca ini merupakan sebuah jawaban dari problematika yang dialami di atas, sehingga setelah peneliti menerapkan metode membaca ini peneliti mendapatkan minat peserta didik semakin meningkat.References
Fuad, A. E. 2006. Metodologi pengajaran bahasa arab. Malang: Misykat.
Hermawan, A. 2014. Metodologi pembelajaran bahasa arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Izzan, A. 2004. metodologi pembelajaran bahasa arab. Bandung: Humaniora Utama Press.
J, L. M. 2012. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Khalilullah, M. 2013. Media pembelajaran bahasa arab. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Liang, T. G. 1987. Cara belajar efisien. Yogyakarta: Pusat Manajemen Studi.
Nirman, A. 1989. Teori mengajar. Yogyakarta: Sumbangsih.
Nuha, U. 2016. ragam metodologi dan media pembelajaran bahasa arab. Yogyakarta: Diva Press.
Rohman, F. 2015. Metodologi pembelajaran bahasa arab. Malang: madani.
Slameto. 2015. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiono. 2019. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Hermawan, A. 2014. Metodologi pembelajaran bahasa arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Izzan, A. 2004. metodologi pembelajaran bahasa arab. Bandung: Humaniora Utama Press.
J, L. M. 2012. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Khalilullah, M. 2013. Media pembelajaran bahasa arab. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Liang, T. G. 1987. Cara belajar efisien. Yogyakarta: Pusat Manajemen Studi.
Nirman, A. 1989. Teori mengajar. Yogyakarta: Sumbangsih.
Nuha, U. 2016. ragam metodologi dan media pembelajaran bahasa arab. Yogyakarta: Diva Press.
Rohman, F. 2015. Metodologi pembelajaran bahasa arab. Malang: madani.
Slameto. 2015. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiono. 2019. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2021-12-29
How to Cite
Ahmad Zaeni Dahlan, L. Muhamad Mansyur, & Suhamdi. (2021). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN METODE MEMBACA (THARIQAH AL QIRA’AH). Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 2(4), 52-65. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v2i4.4827
Section
Articles
Copyright (c) 2021 al-Hikmah : Jurnal Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.