PENERAPAN METODE UNJUK KERJA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IX

  • Marzuki SMP N 1 Wanasaba
Keywords: Metode Unjuk Kerja, Prestasi Belajar

Abstract

Penggunaan metode Unjuk Kerja diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar sehingga dalam proses belajar mengajar itu aktivitas belajar mengajar tidak terjadi kejenuhan, dengan demikian siswa akan terlibat secara fisik, emosional dan intelektual yang pada gilirannya diharapkan konsep perubahan benda yang diajarkan oleh guru dapat dipahami oleh siswa. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode Unjuk Kerja. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode Unjuk Kerja. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IX. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,1%), siklus II (74,4%), siklus III (93,02%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode Unjuk Kerja dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa Kelas IX serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPA

References

Ahmadi, Abu., dan Uhbiyati Nur. (2001). Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1998). Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Jakarta: Penerbit Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdikbud. (1999). Pengelolaan Pembelajaran yang Efektif (Materi Pelatihan Calon Kepala Sekolah), Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2022). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Erriniati. (1994). Penerapan Strategi Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Belajar Mengajar Fisika Pokok Bahasan Listrik Statis Kelas VII B Cawu III Tahun Pelajaran 1996/1997 di SLTPN 23 Surabaya, Surabaya: Skripsi Univesitas Negeri Surabaya.

Poerwodarminto. (1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Bina Aksarra.

Purwanto, Ngalim. (1988). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soetomo. (1993). Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Sugiati, Titik. (1997). Motivasi Belajar. Jakarta: Cerdas Pustaka.

Suryabrata. (1997). Metode Penelitian. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Usman, Moh Uzer. (2000). Mejadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2022-06-30
How to Cite
Marzuki. (2022). PENERAPAN METODE UNJUK KERJA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IX. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 3(2), 42-58. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v3i2.5061
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.