PENGGUNAAN PENDEKATAN PAKEM SEBAGAI UPAYA MEUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SDN 2 WANASABA LAUK KECAMATAN WANASABA LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • H. Sartono SD Negeri 2 Wanasaba Lauk
Keywords: Pendekatan PAKEM, Pendidikan Karakter

Abstract

Tujuan khusus dari kegiatan PTS ini adalah untuk: a) Meningkatkan pemahaman Guru SDN 2 Wanasaba Lauk dalam mengembangkan PAKEM; b) Meningkatkan keterampilan Guru SDN 2 Wanasaba Lauk dalam mengembangkan PAKEM; dan, 3) Meningkatkan keterlaksanaan nilai pembangunan karakter bangsa dalam kegiatan belajar mengajar. Sedangkan tujuan umum dari kegiatan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui model integrasi penerapan Pendidikan Karakter Bangsa dalam dalam kegiatan belajar mengajar di SDN 2 Wanasaba Lauk. Simpulan yang diperoleh dari kegiatan PTS ini adalah 1) Kegiatan bimbingan penerapan PAKEM bagi guru SD yang dilaksanakan kepala SDN 2 Wanasaba Lauk telah terlaksana dengan baik dan memberi kontribusi terhadap peningkatan pemahaman dan keterampilan guru tentang penerapan pendekatan PAKEM dalam kegiatan belajar mengajar. 2) Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman dan keterampilan guru tentang penerapan PAKEM dalam kegiatan belajar mengajar berimplikasi pada peningkatan partisipasi atau keaktifan siswa serta terhadap keterlaksanaan nilai-nilai pembangunan karakter bangsa, seperti nilai kerja keras, kerjasama, saling menghargaidansebagainya

References

Bobbi DePorte & Mike Hernacki. (2000). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa. Bandung
Danial, Endang AR., Dr. H. M.Pd. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Direktorat PLP, Dirjendikdasmen, Depdiknas. Jakarta
Depdiknas. (2002). Pedoman Pembangunan Karakter Bangsa di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktoral Pendidikan Lanjutan Pertama. Jakarta
Depdiknas. (2003). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktoral Pendidikan Lanjutan Pertama. Jakarta
Depdiknas. (2005). Paket Pelatihan 1 Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar melalui Manajemen Berbasis Sekolah, Peran Serta Masyarakat, Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Depdiknas. Jakarta
Depdiknas. (2009). Draf Pedoman Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa . Depdiknas. Jakarta
Hasibuan dan Moedjino. (1996) Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Karya.
Indonesia.(2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Published
2022-06-30
How to Cite
H. Sartono. (2022). PENGGUNAAN PENDEKATAN PAKEM SEBAGAI UPAYA MEUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SDN 2 WANASABA LAUK KECAMATAN WANASABA LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 3(2), 90-112. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v3i2.5065
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.